oleh

Metaverse, Dunia Virtual Futuristik

Jazirah Indonesia – Belakangan diketahui informasi mengenai Metaverse ramai diperbincangkan di jagat maya.

Platform internet paling terkenal ini, Facebook melakukan rebranding untuk memberi sinyal dan merangkul ide futuristik, dengan istilah metaverse.

banner 1200x500

Nama Metaverse ini adalah kata kunci terbaru untuk menangkap imajinasi industri teknologi sedemikian rupa.

Pengumuman CEO Facebook Mark Zuckerberg pada 28 Oktober 2021 lalu, mengungkapkan bahwa dia mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta singkatnya.

Metaverse dalam pikiran Mark, berwujud dunia virtual yang membawa pengalaman mendekati dunia nyata, bukan sekadar aplikasi semata.

Untuk menghadirkan Metaverse, setidaknya ada lima teknologi yang akan dikombinasikan.

Dosen Teknik Informatik Universitas Pasundan yang juga YouTuber Web Programming Unpas, Sandhika Galih berbagi sekilas mengenai garis besar Metaverse.

Tren dan konsep Metaverse sebenarnya sudah muncul sejak lama. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, Metaverse terus mendapatkan popularitas dan menarik perhatian perusahaan teknologi terkemuka.

“Metaverse merupakan aspek sosial, gameaugmented reality (AR), virtual reality (VR), dan mata uang digital yang memungkinkan individu untuk berinteraksi satu sama lain secara virtual. Kita bisa melakukan apapun seperti di dunia nyata, dari mulai bekerja, olahraga, hiburan, dan lain-lain,” jelasnya dikutip dari laman resmi unpas.ac.id.

Istilah Metaverse awalnya disebutkan dari sebuah novel fiksi ilmiah berjudul Snow Crash karya Neal Stephenson (1992) dan novel Ready Player One karya Ernest Cline (2011).

Kedua novel ini, Metaverse digambarkan sebagai ruang yang menghubungkan dunia virtual dan AR.

“Metaverse yang tadinya hanya cerita fiktif dalam novel, film, atau game, sekarang akan segera diwujudkan. Saya yakin ini tidak akan lama, dalam 5 sampai 10 tahun ke depan, kita bisa berinteraksi menggunakan Metaverse,”.

Lantas, apa yang sudah dilakukan Facebook (Meta) untuk menyiapkan Metaverse? Sandhika mengatakan, hampir seluruh komponen pendukung yang diperlukan untuk merancang Metaverse sudah dimiliki Facebook.

“Dari komponen yang dibutuhkan, sepertinya Facebook sudah siap untuk membuat Metaverse, atau mungkin akan mengembangkan teknologi baru. Ini baru Metaverse yang versi Facebook”, jelasnya.

Dia menambahkan, ada perusahaan teknologi lainnya yang juga akan membuat Metaverse sendiri, seperti Microsoft, Google, MicroFox, dan masih banyak lagi,” terangnya.

Terdapat beberapa penjelasan keterkaitan, yakni pertama koneksi internet  yang cepat dan. Saat ini, dunia sudah mempersiapkan jaringan 5G yang kemungkinan bisa digunakan 1-2 tahun mendatang.

Kedua, virtual reality, teknologi yang bisa membawa seseorang masuk ke dunia digital. Facebook sendiri telah memiliki produk Oculus, peranti layar untuk menampilkan realitas virtual yang membuat penggunanya bisa merasakan sensasi dunia maya seperti di kehidupan nyata.

Ketiga, augmented reality. Contoh paling mudah, teknologi AR kini banyak diaplikasikan dan ditemui pada fitur filter di Instagram, SnapChat, TikTok, maupun aplikasi lainnya.

Keempat, artificial intelligence (kecerdasan buatan). Metaverse perlu didukung dengan AI guna meniru fungsi kognitif manusia. Untuk teknologi AI, Facebook sudah punya laboratorium AI yang dapat diakses di lamanai.facebook.com.

Dan keempat, mata uang digital. Di dalam Metaverse, nantinya akan ada transaksi keuangan yang memerlukan mata uang digital sebagai alat jual beli. Lagi-lagi, Facebook telah memiliki mata uang digital bernama Diem sebagai payment system dan dompet digital bernama Novi.

“Positifnya, Metaverse menawarkan segudang fitur-fitur canggih, tapi tentu tidak akan lepas dari masalah security dan keamanan data. Tetap adaptif, tapi jangan lupa selektif,” Shandika.

Komentar