oleh

Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF U23 2022, Pupus Harapan Pertahankan Gelar Juara

Jazirah Indonesia – Timnas Indonesia urung berlaga di Piala AFF U23 2022 di Kamboja yang akan berlangsung pada 14-26 Februari 2022 nanti.

Timnas Indonesia dipastikan batal mengikuti ajang se-Asia Tenggara 2022 itu, setelah tujuh pemainnya terpapar Covid-19.

banner 1200x500

Selain itu, ada juga tiga pemain yang mengalami cedera saat membela klubnya masing-masing.

Kabar tersebut disampaikan oleh PSSI saat mengumumkan pembatalan keikutsertaan timnas Indonesia pada Piala AFF U23 2022 di Kamboja, Jumat, 11 Februari 2022.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Adapun tujuh pemain Timnas Indonesia U23 yang terpapar Covid-19 diantaranya, Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu, ada empat pemain lainnya yang menunggu masa inkubasi lantaran satu kamar dengan mereka yang terpapar Covid-19.

Keempat pemain itu antara lain, lfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Sementara tiga pemain yang dilaporkan mengalami cedera saat membela klub masing-masing ialah Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada PSSI dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan timnas Indonesia di Piala AFF U23.

Setelah berdiskusi dan memunggu hasil tes PCR terhadap semua pemain dan ofisial, PSSI bersama Shin Tae-yong akhirnya secara resmi membatalkan keikutsertaan timnas Indonesia pada Piala AFF U23 2022.

Keputusan ini sekaligus mematahkan harapan tim Garuda Muda untuk mempertahankan gelar Piala AFF U23, yang disabet pada 2019 ketika masih diarsiteki Indra Sjafri.

Kini, timnas masih fokus pada proses pemulihan pemain, baik yang dinyatakan positif Covid-19 maupun mengalami cedera.

“Saat ini, kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Yunus Nusi.

Timnas Indonesia pada Piala AFF U23 2022 berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos.

Komentar