oleh

Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Tikep Ajak Semua Elemen Awasi Pemilu

Jazirah Indonesia – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) ajak semua elemen masyarakat terlibat dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024.

Hal ini disampaikan ketua Bawaslu Kota Tidore Bahrudin Tosofu dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatf pada Pemilu serentak Tahun 2024 yang digelar di meeting room Penginapan Bogenvile Tidore, Kamis (22/9/2022)

banner 1200x500

Bahrudin mengatakan, tahapan Pemilu 2024 telah dimulai sejak 14 Juni 2022. Untuk itu, sudah menjadi suatu kewajiban Bawaslu sebagai Pengawas Pemilu melakukan pengawasan sesuai perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Pengawasan Pemilu tidak akan terlepas dari partisipasi segala elemen masyarakat demi terwujudnya penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 yang berjalan aman dan sesuai dengan asas-asas Pemilu. Oleh karenya, diminta kepada seluruh elemen masyarakat agar mari bersama Bawaslu Tidore kita sukseskan Pemilu ini,” harapnya.

Senada, Anggota Bawaslu Tidore Amru Arfa menyampaikan sosialisasi ini merupakan bagian dari program Bawaslu untuk melibatkan masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilu.

Masyarakat lanjutnya, menjadi elemen penting yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam mengawasi proses Pemilu demi menciptakan Pemilu yang aman dan damai di Kota Tidore Kepulauan.

“Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman akan pengawasan pemilu, serta meningkatkan partisipasi berbagai elemen masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan ke Bawaslu jika terjadi dugaan pelanggaran pemilu,” Kata Amru.

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dilanjutkan dengan penyampaian materi dari tiga narasumber yakni Sekretaris KIPP Maluku Utara Irwan Seber tentang Peran Masyarakat dalam Pemantauan Pemilu, materi kedua dari Ketua Bawaslu Tikep Bahrudin Tosofu dan pemateri ketiga yakni Anggota Bawaslu Devisi Pengawasan Iriyani Abd. Kadir.

Sosialisasi yang dilaksanakan ini mengundang peserta dari baerbagai elemen masyarakat yakni Tokoh Pemuda, OKP, Organisasi Kemasyarakatan, Pemerhati Perempuan, Mahasiswa dan Insan Pers.(

Komentar