oleh

Tim Jibom Polda Malut Evakuasi Temuan Bom Di Haltim

Jazirah Indonesia – Tim Pejinak Bom (Jibom) Gegana Polda Maluku Utara (Malut) melaksanakan evakuasi dan disposal (pemusnahan) Bom/UXO yang masih aktif, ditemukan warga di Halmahera Timur (Haltim), Senin (9/1/2023).

Kasi Humas Polres Haltim, IPTU Masqun Abdukish kepada Jazirah Indonesia membenarkan adanya evakuasi dan disposal bom yang ditemukan warga di Haltim ini.

Terkait penemuan Bom ini kata Masqun, awalnya menerima informasi dari IK Sek Wasile bahwa ditemukannya UXO oleh seorang warga bernama Dasun (68) asal desa Cemara Jaya, Kecamatan Wasile Haltim.

UXO yang ditemukan ini adalah sisa peralatan perang  yang masih aktif berjenis  Bom Militer Aircraft/Bom Pesawat dan Bom Militer proyektil.

“Jenis Barang Bukti (BB) yang ditemukan adalah Uxo berupa Bom Militer Aircraft/Bom Pesawat, Bom Militer proyektil,” sebutnya.

Lokasi penemuan bom ini, tepatnya di areal Wisata Pantai Mangga Dua Dusun Subaim Kecamatan Wasile Haltim.

Barang bukti UXO, Bom Militer yang masih aktif yang ditemukan di areal Mangga dua Desa Subaim Kecamatan Wasile Haltim

Usai menerima laporan ini kata Masqun, Tim Jibom Polda Malut bersama anggota Polsek dan Koramil Wasile langsung turun ke tempat penemuan Bom, kemudian melakukan evakuasi dan mengamankan Bom tersebut.

Pada pukul 15.00 Wit lanjutnya, Tim Jibom Gegana Polda Malut melaksanakan pemusnahan Bom UXO ini dengan cara disposal.

“Bom, UXO yang ditemukan  telah di musnakan dengan cara Disposal,” ujarnya.

Pelaksanaan evakuasi dan pemusnahan UXO ini dihadiri oleh Kabag Ops polres Haltim, AKP Dornik Djini, Kasat Lantas Polres Haltim, IPTU Ikwan, Kapolsek Wasile, IPTU Ikra Patamanidan  Personil Polsek Wasile dan Koramil Wasile.

Kemudian, Tim dari Unit Jibom Gegana Polda Maluku Utara, AIPDA ARWAN, BRIPKA AIi Baba, BRIPKA Darmadi, BARAKA Fajar Septian.