oleh

Rayakan HUT RI ke 78, Disdik Tikep Gelar Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD

Jazirah Indonesia – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar lomba cerdas cermat jenjang Sekolah Dasar (SD) untuk tingkat kecamatan. 

Kegiatan lomba cerdas cermat ini berlangsung di masing-masing kecamatan pada Selasa (15/8/2023). 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Zainuddin Umasangadji kepada media ini menyampaikan bahwa lomba cerdas cermat tingkat SD ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan  dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78  

“Baru pertama SD buat lomba cerdas cermat, kami termotivasi untuk membuat kegiatan ini agar kemampuan literasi siswa diuji karena sekarang kurikulum merdeka belajar seperti ini,” terang Zainuddin.

Disamping itu, tujuan dari kegiatan lomba cerdas cermat ini ialah untuk meningkatkan semangat belajar siswa khususnya SD sehingga bisa berkompetisi tak hanya di dalam lingkungan sekolah asal saja namun diluar itu.

“Untuk meningkatkan potensi intelektual siswa, Disdik punya strategi atau inovasi ini agar membuat siswa tidak bosan tetapi dapat meningkatkan minat belajar dengan cara bersaing tidak hanya hanya antar teman sekelas namun bisa antar sekolah,” paparnya.

Ia menambahkan, lomba cerdas cermat jenjang SD ini tak hanya cukup sampai di tingkat kecamatan saja, tetapi berlanjut sampai tingkat kota, dimana juara sekolah yang keluar sebagai juara pertama akan mewakili masing-masing kecamatan untuk bersaing di tingkat Kota Tidore Kepulauan.

“Nanti tingkat kecamatan selesai baru juara pertama dikirim mengikuti lomba cerdas cermat jenjang SD tingkat Kota Tidore Kepulauan,” pungkas Zainuddin.