oleh

PLN Serahkan Bantuan Program TJSL di Kelurahan Rum Kota Tikep

Jazirah Indonesia – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara memberikan bantuan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk beberapa bangunan di Kelurahan Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

Bantuan tersebut berupa batako dan paving blok dari Pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Rum menjadi bahan material tersebut.

Penyerahan bantuan yang dihadiri Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim ini berlangsung di halaman PT. PLN (Persero) Kelurahan Rum, Jum’at (10/12/2021).

Mewakili General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara I Nyoman Sudiarta selaku Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Maluku dan Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan, Program TJSL Jawab PT. PLN telah memberikan bantuan sejumlah batako dan paving Blok.

“5000 buah Paving Block yang telag terpasang di pasar selawaring, dan rencana 5000 buah lagi akan dipasang di jalan masuk SD Rum Balibunga”, ujar  I Nyoman Sudiarta.

Kemudian lanjutnya, sebanyak 2000 buah Batako telah diserahkan ke mesjid Al-Awwabin Kelurahan Rum Balibunga, 4000 buah diserahkan ke warga, dan rencananya 4000 buah lagi akan menyusul diserahkan ke warga.

Paving Block dan Batako ini kata I Nyoman Sudiarta diproduksi dari Fly Ash dan Bottom Ash, yaitu sisa-sisa proses pembakaran batubara di dalam tungku uap (boiler).

Berdasarkan hasil uji karakteristik kata Dia, menunjukan limbah FABA dari PLTU tidak memenuhi karakteristik sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Dengan kata lain lanjutnya, FABA tidak berbahaya. Selain itu, Paving Block dan Batako yang diproduksi dari FABA ini telah diuji kekuatannya.

Sementara Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim pada kesematan  ini menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara bersama jajarannya.

Karena kata Ali, dengan adanya program Tanggung TJSL, secara tidak langsung telah membantu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ikut mendorong terciptanya peluang usaha bagi masyarakat sekitar PLTU Rum.

“Kami tetap berkomitmen dan terus menjalin komunikasi dengan pihak PLTU Tidore agar setiap program kegiatan yang dilaksanakan bisa bersinergi dengan program kegiatan yang ada di Pemerintah Kota Tidore Kepulauan”, tuturnya.

banner 1200x500

Komentar