oleh

Hendak Jemput Jenazah di Ternate, Speed Boat Dari Makian Dihempas Angin Hingga Terdampar di Tidore

Jazirah Indonesia – Sebuah speed boat dari Makian, Kabupaten Halmahera Selatan yang hendak menjemput jenazah di Kota Ternate, terpaksa mengurungkan rencananya.

Speed boat bernama Sinar Sebelei tersebut diterpa angin kencang hingga terdampar di pantai Mareku, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Kamis (24/2/2022).

banner 1200x500

Ketua RT, 008 Kelurahan Mareku, Marwan Ibrahim mengatakan, speed boat berkapasitas sekitar 40-50 penumpang itu hanya mengangkut 4 motoris tanpa penumpang.

“Terdampar sekitar jam 3 (15.00 WIT) dihantam angin dan ombak. Mereka katanya mau jemput jenazah di Ternate,” kata Marwan usai menolong para motoris dan speed boat nahas itu kepada Jazirah Indonesia.

Speed boat yang menggunakan 5 mesin 40 PK itu kata Marwan, sangat dekat ke pesisir Tidore saat melaju menuju Ternate. Angin kencang yang datang tiba-tiba dari arah barat kemudian menghempaskan speed boat ke pantai.

“Kemudi kontrolnya hanya bertumpuk di satu mesin, jadi saat diterpa angin speed tidak bisa dikendalikan lagi. Mereka sempat lego jangkar, tapi jangkarnya tercabut akhirnya speed terdampar,” kata Ogi, sapaan akrab Marwan.

Dia menambahkan, saat terdampar, speed boat yang baru direparasi tersebut terbentur ke bebatuan di pantai hingga mengalami kebocoran.

“Mereka belum bisa lanjut perjalanannya lagi karena speednya bocor kena batu. Kejadian ini tidak ada korban jiwa,” ucap Ogi.

Warga setempat yang mengetahui insiden itu ramai-ramai ke pantai menolong motoris dan mengamankan speed boat.

“Hingga magrib warga yang datang rame-rame berusaha mengeluarkan speed dari bebatuan, tapi tidak bisa jadi dibiarkan. Majikan dan motoris akhirnya pergi ke Ternate tidak membawa speednya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku Utara telah mengeluarkan peringatan dini untuk warga agar waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang di Maluku Utara.***

Komentar