oleh

Arahan Luhut Terkait Pelaksanaan Sail Tidore 2022

Jazirah Indonesia  –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dalam arahannya tentang persiapan pelaksanaan Sail Tidore 2022, meminta agar kesiapan Sail Tidore 2022 sebelum 24 November harus sudah rampung.

Luhut meminta agar fasilitas pendukung diperhatikan agar  kegiatan ini mendongkrak Ekonomi dan Peningkatan  Pendapatan per Kapita, selain  itu Yachting juga harus dimanfaatkan untuk promosi Pariwisata Maritim di Tidore.

“Potensi lanjutan Sail Tidore, Tidore harus jadi kota target setelah Bunaken dan Raja Ampat, olehnya itu  fasilitas pendukungnya harus diperhatikan, seperti; Fasilitas Pameran Nasional, Fasilitas Acara Puncak, dan Pelabuhan”, pinta Luhut saat memimpin rapat tingkat menteri persiapan Sail Tidore 2022, yang berlangsung secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (27/9/2022).

Pada kesemptana ini dia juga meminta Kemendag RI dan Pemprov Malut agar melaksanakan  Peluncuran Sail Tidore pada Minggu ke-1 Oktober  2022\

Luhut juga memerintahkan Kementerian Perhubungan RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemda, agar menyediakan akodomosi alternatif Kapal Pelni dengan fasilitas  live on board, serta penambahan jadwal penerbangan.

Permintaan itu dikrenakan pada tanggal 24 – 29 November harus sudah rampung. Selain itu, Kementerian PUPR bersama Pemda diminta juga harus memastikan ketersediaan infrastruktur rangkaian kegiatan Sail Tidore dengan optimal.

“Pemda harus ambil bagian dalam kegiatan ini, kesiapan-kesiapan dari TNI AL juga harus libatkan peran swasta. Kemendag RI tolong arahkan Pemprov dan Pemda, Pakai anggaran Pemprov dan Pemda jika masih terdapat kekurangan nanti dibantu oleh Pempus, instruksi ke daerah, apa yang sudah dibuat Pempus dijaga oleh Pemprov dan Pemda. Nanti diadakan Rapat lanjutan sebelum tanggal 24 November 2022”, imbuh Luhut.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam rapat virtual tersebut mengatakan, Pemerintah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan telah siap menyambut perhelatan Sail Tidore 2022, ia juga meminta dukungan kepada Kementerian terkait yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022.

“Kami, Pemerintah dan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan sangat siap menyambut perhelatan Sail Tidore 2022, kami memohon dukungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, juga kepada kementerian terkait yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022”, ucap Ali Ibrahim.

Dalam rapat tingkat menteri tersebut, terpantau kesiapan sudah mulai rampung dari masing-masing Kementerian yang masuk dalam bidang-bidang kepanitiaan Sail Tidore 2022. Rapat lanjutan sebagai final dari rencana pelaksanaan Sail Tidore akan dilakukan menjelang tanggal 24 November 2022.

Turut hadir mengikuti rapat ini, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Para Staf Ahli dan Asisten Sekda, serta Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

banner 1200x500

Komentar