oleh

Sail Tidore Diharapkan Berkontrbusi Bagi Industri Pariwisata Dalam Negeri

Jazirah Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan momentum Sail Tidore 2022 menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah untuk rebranding wisata bahari Indonesia di kancah global.

“Sail Tidore menjadi kesempatan kita untuk rebranding wisata bahari di mata dunia,” ujar Luhut saat dilaunching di Auditorium Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Selasa (11/10/2022).

Luhut menjelaskan, industri pariwisata menghadapi tantangan yang besar dalam dua tahun terakhir. Kini kata dia, Indonesia kembali mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai titik destinasi pariwisata.

Sail Sabang 2017 dicontohkannya, berhasil mendatangkan 18 kapal layar, 20.000 pengunjung dan 3.000 wisatawan mancanegara, olehnya dia berharap agar optimis sail Tidore berkontribusi.

“Kita harus optimis Sail Tidore mampu berkontribusi untuk membantu proses pemulihan industri pariwisata dalam Negeri,” ungkapnya

“Kepada Kementerian/Lembaga maupun pemerintah daerah agar terus bekerjasama mensukseskan Sail Tidore mulai dari persiapan rangkaian acara professional, percepatan dukungan infastruktur, libatkan UMKM dalam pameran, optimalkan dukungan serta promosikan secara massif pelaksanaan Sail Tidore ini,” harap Luhut

“Kita dukung pemulihan pariwisata nusantara, bangga berwisata di Indonesia saja dan sama-sama kita sambut Sail Tidore 2022,”singkat Luhut.

Sementara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan menjelaskan, Kegiatan ini merupakan rangkaian Sail Indonesia yang ke-12 yang merupakan sebuah kegiatan pelayaran internasional diperairan Indonesia yang mendatangkan pelayar-pelayar internasional sejak Tahun 2009.

“Saya berharap agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan percepatan infrastruktur jelang perhelatan acara ini.” Kata Zulkifli

Zulkifli menyampaikan Sail Tidore diharapkan menjadi momentum pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca terhantam pandemi Covid-19.

Selama pandemi, agenda tahunan Sail Indonesia tidak digelar. “Alhamdulillah akhirnya kita dapat launching kegiatan ini setelah kegiatan ini tertunda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19,” ujar Zulkifli

Sebagai kota yang berada paling timur di Indonesia, infrastruktur Tidore belum cukup intensif dibandingkan dengan kota-kota besar.

Untuk itu, Zulkifli meminta Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono untuk secara cepat membantu infrastruktur di Tidore jelang perhelatan Sail Tidore 2022 yang mengusung tema Tidore Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa.

banner 1200x500

Komentar