oleh

Sambutan Sultan Tidore Saat Jamuan Makan Khas Di Kedaton Kesultanan Tidore

Jazirah Indonesia – “Inilah Negeri 900 Tahun, negeri ini mempunyai corak dan kebersamaan yang sangat berbeda dengan tempat-tempat lain, yang punya kekhususan dan kekhasan masing-masing”.

Demikian sambutan selamat datang Sultan Tidore H.Husain Alting Syah pada Jamuan Makan Adat Sail Tidore 2022  di Kadato Kie Kesultanan Tidore, Sabtu (26/11/2022).

Jamuan Makan Adat Sail Tidore 2022  yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI. H Yudo Margono, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kusuba dan Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim.

Sultan Tidore H.Husain Alting Syah juga menambahkan Tidore memiliki salah satu Pahlawan Nasional yaitu Sultan Amiruddin Syah Kiacili Paparangan atau yang di kenal dengan Sultan Nuku yang telah dikukuhkan pada Tahun 1995 sebagai Pahlawan Nasional.

“Nuku berhasil merebut Kesultanan Tidore dari hegemoni Belanda pada tahun 1797 dan menjadi Tidore Kesultanan yang berdaulat penuh, Sultan Nuku berjuang melawan Belanda disebabkan Belanda melakukan intervensi dalam pergantian Sultan Tidore “.Kata Sultan Tidore

Seluruh makanan yang disajikan merupakan makanan adat telah menjadi makanan pokok masyarakat sejak dulu,

 

Komentar