oleh

CJH Lansia Asal Malut Mendapat Perhatian Ekstra dari Pemerintah

banner 1200x500

Jazirah Indonesia – Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Maluku Utara (Malut) musim haji 2023 akan diberangkatkan menuju embarkasi Makassar pada 1 Juni 2023.

Sebelum diberangkatkan menuju Makassar di Sulawesi Selatan, sebanyak 1.076 CJH ini masuk asrama haji Ngade di Ternate pada 30 Mei 2023.

“Tanggal 30 Mei masuk asrama, tanggal 1 Juni diberangkatkan menuju Makassar dan tanggal 3 Juni diterbangkan menuju Jeddah, Arab Saudi,” terang Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Maluku Utara, Kepala Hj. Rahma Hasan saat diwawancarai awak media, Senin (22/5/2023).

Kata Rahma, dari seluruh provinsi di Indonesia, Maluku Utara termasuk salah satu provinsi dengan rating tertinggi untuk pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). “Kita termasuk salah satu provinsi yang pelunasan biaya hajinya tinggi,” sebutnya.

Ketika disinggung mengenai persiapan keberangkatan, Rahma mengaku, sejauh ini tidak mengalami kendala. 

Kendati demikian, pemerintah tetap memperhatikan seluruh persiapan keberangkatan para CJH ini lebih-lebih bagi CJH kategori lansia. Sebab, 40 persen CJH yang diberangkatkan tahun ini rata-rata adalah lansia. 

“Kita prioritaskan ekstra untuk CJH lansia yang memang benar-benar usianya diatas 80 tahun, itu sekitar 50 orang. Yang kita siapkan itu berupa sarana kebutuhan seperti kursi roda maupun sarana lain ketika berada di tanah suci, jadi kita buatkan penanganan ekstra bagi lansia yang berumur 80 tahun keatas,” jelasnya.

Adapun tenaga dokter yang akan disiapkan mendampingi para CJH asal Maluku Utara ini sebanyak 13 dokter yang berasal dari RSUD Chasan Boesoerie, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara maupun dari Biro Kesra.

“Jadi harus ekstra perhatian termasuk CJH kategori lansia ini, karena itu sudah merupakan tugas kami,” pungkas Hj. Rahma.

Komentar