oleh

Sekolah Lansia Ceria Guraping Kota Tidore Wisuda 20 Siswa

Jazirah Indonesia – Sekolah Lansia Ceria Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan menggelar wisuda siswa, Jumat (15/12/2023).

Sebanyak 20 Orang siswa, yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki dalam wisuda ini, dengan kriteria berusia sekurang-kurangnya pra lansia atau sudah berusia 50 tahun ke atas.

Mewakili Walikota, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam dalam memberikan sambutan pada kegiatan Wisuda ini mengatakan, Sekolah Lansia yang dilaksanakan merupakan implementasi dari Surat Edaran Walikota Tidore Kepulauan Nomor: 400.13/879/01/2023.

Edaran tersebut tentang Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas dan Pembentukan Kelompok Kegiatan di Kota Tidore Kepulauan.

“Sekolah Lansia merupakan konsep belajar sepanjang hayat yang berarti bahwa pendidikan tidak berhenti hingga individu dewasa, tetapi berlanjut sepanjang hidupnya,” kata Abdul Hakim.

Pendidikan seumur hidup lanjutnya, tidak menuntut adanya lembaga pendidikan resmi namun bisa melalui pendidikan non formal seperti keluarga dan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pribadi yang lebih baik.

Abdul Hakim mengapresiasi BKKBN Provinsi Maluku Utara dalam menjalankan program Bangga Kencana, dan menerjemahkan kebijakan pembangunan keluarga, membentuk kelompok yang menyentuh dengan keluarga.

Khususnya peningkatan kualitas hidup lansia, yaitu Bina Keluarga Lansia, dengan inovasinya yang dikembangkan sebagai perwujudan dari konsep belajar sepanjang hayat (life long learning) yang disebut Sekolah Lansia.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara, Nuryamin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Maluku Utara di 2023 mendapatkan target membentuk 1 sekolah lansia.

Namun lanjutnya, Maluku Utara melampaui target dengan telah membentuk 2 sekolah lansia, yakni sekolah lansia Ringungano di Kota Tenate, dan sekolah lansia Ceria di Kota Tidore Kepulauan.

“Harapan kami, semoga para lansia dan keluarga lansia dapat memperoleh manfaat dari keberadaan dan keberlangsungan dari sekolah lansia ini, semoga ilmu dan pengetahuan yang didapatkan oleh para pengajar professional di bidangnya masing-masing, dapat diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat,” Ucap Nuryamin.