oleh

18 Orang Diperiksa Dalam OTT Gubernur Malut, KPK : Belum Ditahan

Jazirah Indonesia – Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan sedikitnya ada 18 orang yang ditangkap dalam kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Gubernur Maluku Utara dan sudah tiba di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Sudah (tiba di KPK). Sampai siang ini, informasi yang kami terima ada 18 orang yang sudah di Gedung KPK dan sedang dilakukan permintaan keterangan,” kata Ali seperti yang dikutip dari tempo.com, Selasa (19/12/2023).

Ali belum menjelaskan perihal kepastian penahanan termasuk siapa saja yang diperiksa selain gubernur Malut karena Tim Penyidik KPK masih intens melakukan pemeriksaan. “Sedang diperiksa ya, bukan ditahan,” katanya.

Jumlah ini, sambungnya, bertambah dari yang sebelumnya disampaikan KPK yaitu sekitar 15 orang, termasuk Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba.

Ali mengatakan saat ini tim penyidik KPK masih melakukan permintaan keterangan terhadap para pihak yang ditangkap. “Selengkapnya akan kami sampaikan setelah memastikan seluruh proses kegiatan selesai,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengonfirmasi adanya OTT di Maluku Utara, namun secara kronologis kegiatan OTT ini belum bisa dijelaskan secara rinci.

“Perkembangan lebih lanjut akan disampaikan,” katanya.