oleh

98 Peserta Ikut MTQ Tingkat Kecamatan Tidore Selatan

Jazirah Indonesia – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tidore Selatan resmi dibuka oleh Walikota Tidore yang diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Abd Rasyid A.W Umar, di Mesjid Nurul Yaqin Kelurahan Gurabati, Kamis (19/1/2024).

Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Tidore Selatan ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Ny. H. Safia Ali Ibrahim, Camat Tidore Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tidore Selatan, Para Lurah se Kecamatan Tidore Selatan, para Kafilah dan masyarakat kelurahan Gurabati

Mengawali sambutan walikota, Abd Rasyid A.W Umar mengatakan, MTQ tingkat Kecamatan Tidore Selatan ini menjadi sebuah wadah untuk mengembangkan kompetensi dasar agama.

Selain itu lanjutnya sekaligus menanamkan kecintaan masyarakat pada Al-Qur’an, karena Al-Quran merupakan pedoman mulia bagi umat manusia yang berisikan penjelasan mengenai yang haq (benar) dan yang batil (salah).

“Al-Quran juga menjadi sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi umat manusia,” jelasnya.

Abd Rasyid A.W Umar juga menyampaikan Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengapresiasi atas kerjasama Panitia Pelaksana, bersama masyarakat dan aparatur kecamatan, sehingga kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan malam ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses.

“Kami berharap kegiatan ini akan menjadi sebuah motivasi bagi kita semua untuk lebih peduli dalam peningkatan keimanan dan ketakwaan kita sebagai seorang muslim, dan juga Insya Allah akan mewujudkan generasi yang dapat mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” harap Abd Rasyid.

Tak lupa, Abd Rasyid juga mengingatkan Kepada para Dewan Hakim selamat menjalankan tugas, berlaku adil, bijak dan jujurlah dalam menilai para Kafilah, karena di tangan Dewan Hakim, Para Kafilah akan terpilih mewakili Kecamatan Tidore Selatan untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi lagi.

Sementara, Ketua Panitia Hj Saibah Hi Fatah mengatakan, pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan ini merupakan seleksi tingkat kecamatan yang nantinya akan diikutsertakan pada MTQ Tingkat Kota serta untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengalaman isi kandungan Al-Quran.

“Pelaksanakan MTQ tingkat Kecamatan ini dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 18 Januari hingga selesai, dengan cabang yang diperlombakan sebanyak 13 cabang yang diikuti oleh 98 peserta,” kata Hj Saibah.

hakim  MTQ Tingkat Kecamatan Tidore Selatan dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Camat Tidore Selatan Nomor 05 Tahun 2024 yang berjumlah 13 Orang Dewan Hakim dengan Ketua Dewan Hakim Humaidi M. Saleh.

banner 1200x500