oleh

Truk di Halmahera Barat Masuk Jurang, 3 Orang Meninggal

Jazirah Indonesia – Tiga mobil terlibat dalam kecelakaan maut terjadi di di  jalan kawasan Tabesang, Kecamatan Sahu Timur,, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Senin (15/4/2024).

Peristiwa ini mengakibkan tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian dan 9 orang luka-luka.

banner 1200x500

Kecelakaan bermula saat truk berpelat nomor DG 8316 UN yang mengangkut warga diduga mengalami rem blong sehingga menabrak dua mobil pikap dan dumptruck di depannya.

Mobil truk tersebut kemudian hilang kendali dan oleng ke kanan menghantam pembatas jembatan sehingga jatuh ke dalam kali.

Kapolres Halbar, AKBP Erlichson Pasaribu melaluu Kasi Humas IPTU Yoherson Dodowor mengatakan, berdasarkan keterangan saksi di lapangan, saat di turunan Jembatan Tabesan, sopir pick up Carry melihat truk perusahaan PT Dewa Coco menaiki tanjakan dengan muatan minyak kelapa putih.

Kemudian tiba-tiba muncul Truck Isuzu Hino dari arah belakang yang memuat warga Tosoa yang hendak menebang kayu di Weda. Namun, truk menabrak pick up tersebut hingga terbalik.

“Setelah menabrak mobil pick up, Truck Isuzu Hino hilang keseimbangan dan oleng ke sebelah kanan menghantam pembatas Jembatan Tabesan, sehingga jatuh ke dalam kali mati dengan ketinggian di perkirakan kurang lebih 10 meter,” jelasnya.

AKBP Erlichson menjelaskan, saat kejadian lakalantas tersebut, korban ditolong oleh warga setempat dan pengendara yang melintas di tempat kejadian tersebut.

Sekitar pukul 15.kemudian dilarikan ke RSUD Jailolo menggunakan ambulance milik Puskesmas Golago Kusuma.

Lanjutnya, tiga orang meninggal dunia langsung dibawa ke kamar mayat dan melakukan visum, sedangkan yang kepalanya terpisah (putus) dikarenakan tertimpa Truk Isuzu Hino, sehingga dokter Nur Hikmah di RSUD Jailolo menjahit kepala korban.

“Hingga saat ini seluruh korban lakalantas yang berjumlah 12 orang yaitu 9 orang di Truck Hino dan tiga orang di mobil pick up Carry masih dalam penanganan di RSUD Jailolo, dan ditemani para keluarga,” terangnya.

Berdasarkan data dari pihak Kepusian Polisi Resort (Polres) Halmahera Barat tiga korban yang tewas, diketahui atas nama Benyamin Legiuon (55), Anto Akaleo (59) dan Agus Telau (46) warga Desa Tosoa, Kecamatan Sahu Timur.

Sementara nama korban luka-luka: Haiba, Stefan, Olvianus, Bernat Yobe, Oktovianus, Dedrik Atti Tosoa, Rusmin, Selvi Nuru, Ken.