oleh

P2K2 di Kecamatan Tidore Timur Dihadiri Koordinator Regional PKH Wilayah IV

Jazirah Indonesiam, Tidore  – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan menyelenggarakan kegiatan pelaksanaan pertemuan peningkatan kapasitas keluarga (P2K2) di kelurahan Kalaodi, Kamis (04/07/2024)

Kegiatan yang Bertempat di Caffe Folilla Puncak Kelurahan Kalaodi tersebut dihadiri langsung oleh Kordinator Regional (KOREG) PKH wilayah IV (Sulawesi, Papua, Maluku dan Maluku Utara) Mahsyar, S.I.P, M.AP yang didampingi oleh Koordinator Wilayah (KORWIL) Maluku Utara, Muhammad Suhdi.

Dalam Arahannya, KOREG PKH Kemensos RI Mahsyar menyampaikan kepada Sumber daya manusia (SDM) PKH Kota Tidore Kepulauan untuk terus berpartisipasi aktif dalam pengetahuan kaitannya dengan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Saya mengajak teman teman untuk ikut berpatisipasi dalam pengetahuan terkait PKH,Keberhasilan sebuah bisnis proses PKH bukan utama soal graduasi mandiri karena graduasi mandiri adalah tujuan,tetapi suksesnya bisnis proses kita adalah bagaimana KPM itu bisa berpengetahuan (memahami) terkait dengan 1000 hari Pertama Kehidupan (HPK), Daya Beli KPM, dan Pendidikan perempuan,” tutur Mahsyar.

Mahsyar juga menyebutkan, menjadi SDM PKH wajib perlu memperkaya Literasi tidak hanya untuk pengetahuan pengetahuan yang bersifat reguler, akan tetapi tranformasi pengetahuan bisa dilakukan sesuai dengan kreatifitas teman-teman, jika ini kita lakukan dengan baik maka, tujuan besar bangsa yakni Indonesia Emas Tahun 2045 sangat mungkin terwujud.

Mahsyar juga berpesan agar pendamping PKH menjaga bahwa nilai dari sebuah pekerjaan serta dengan sukacita menikmati pekerjaan agar dapat bermanfaat bagi orang lain menyangkut dengan bisnis proses PKH yang tengah dilaksanakan secara rutin.

Sementara Koordinator Wilayah (Korwil) PKH Maluku Utara, Muhammad Suhdi mengatakan bahwa Narasumber atau pemateri dalam pelaksanaan P2K2 ditujukan langsung kepada SDM PKH Kota Tidore Kepulauan untuk membawa materi di lapangan.

Menurutnya, mekanisme penunjukan ini merupakan permintaan Koordinator Regional sebagai bentuk evaluasi kepada SDM PKH dalam melaksanakan P2K2.

“Sumber daya manusia PKH harus siap dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan diatasnya termasuk penunjukan langsung seperti ini, karena kami butuh pendamping yang siap dalam segala kondisi untuk melaksanakan tugas yaitu Bisnis Proses di Progra Keluarga Harapan”, tegas Korwil.

Disamping memberikan materi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kelurahan Kalaodi, Muhammad juga meminta KPM untuk dapat menyampaikan persoalan yang dihadapi KPM saat menerima bantuan dan juga apa saja manfaat bantuan dirasakan oleh KPM.

Disisi lainnya, Koordinator PKH Kecamatan Tidore Timur sekaligus penanggungjawab kegiatan, Astrid Hasan Kota Tidore mengatakan bahwa kehadiran Koordinator Regional dalam kegiatan P2K2 merupakan rangkaian dari kunjungan kerja sekaligus mengevaluasi bisnis proses PKH yang dilaksanakan oleh pendamping PKH di Kota Tidore Kepulauan.

Astrid juga menambahkan, sebelum bertandang ke lokasi (P2K2) para pimpinan Koordinator wilayah maupun regional PKH kementerian sosial tersebut juga sempat bersilaturahmi ke dinas sosial Kota Tidore Kepulauan selalu mitra strategis pelaksanaan program PKH.

Adapun Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan P2K2 antara lain Disabilitas dan Lansia disampaikan oleh pendamping Kecamatan Tidore Timur Astrid Hasan, Stunting yang disampaikan oleh Pendamping Kecamatan Oba Utara Indriyani Mahdi, dan materi tentang Pendidikan dan pengasuhan anak oleh Abdullah Amba Pendamping Kecamatan Oba Tengah.

banner 1200x500