oleh

Tikep Dipilih Tauhid Kunker Keluar Perdana, Ini Responnya

Jazirah Indonesia. Walikota Ternate M Tauhid Soleman melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Tidore Kepulauan pada Selasa 4/5/2021.

Kunjungan ini merupakan kunjungan Tauhid pertama ke wilayah luar, setelah dilantik pada 26 April 2021 lalu sebagai Walikota Ternate periode 2021-2024.

Tiba di pelabuhan Trikora Tidore, Tauhid bersama Rombongan dijemput dengan prosesi adat joko hale (injak tanah) yang dilakukan oleh bobato adat kesultanan Tidore sebagai tanda penyambutan tamu terhormat.

Saat di Aula Nuku, Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim menyampaikan selamat atas dilantiknya M Tauhid Soleman dan Jasri Usman sebagai Walikota dan Wakil Walikota Ternate periode 2021-2024.

Walikota Tidore Capt Ali Ibrahim pada kesempatan ini, menyinggung Kerja sama segi tiga emas antara Tidore,Ternate dan Halmahera Barat yang menurutnya selama ini telah terjalin.

“Kerja Sama ini penting untuk terus ditindaklanjuti sesuai dengan perkembangan dan Kondisi terkini ketiga daerah ini untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama”, ujar Ali.

Ali Ibrahim juga meminta dukungan tentang percepatan pembangunan Provinsi Maluku Utara yang terkonsentrasi di daratan Oba khususnya Sofifi.

Dimana menurut Ali Ibrahim, selain Sofifi, pihaknya juga memasukan pembangunan Jembatan Temadore (Ternate, Maitara, Tidore), Fisibility Study sudah terlaksana sambungnya.

“Kami meminta dukungan dari Walikota Ternate dalam percepatan pembangunan tersebut, kami akan mengajak Walikota Ternate untuk bertemu Menteri PUPR”, kata Ali.

Menghadapi Sail Tidore dan STQ tingkat Nasional juga diharapkan Ali Ibrahim adanya dukungan dari Walikota Ternate.

“Kami berharap Walikota Ternate bisa mendukung kegiatan ini, saya akan menyurat ke Ketua umum APEKSI agar semua anggota APEKSI Komwil I-VI dapat mengambil bagian dari hajatan ini,” Tutur Ali.

Respon atas permintaan dukungan pada kesempatan kunjungan perdana ini, Walikota Tauhid mendahulukan dengan ucapan balasan.

“Saya menyampaikan selamat kepada Walikota Tidore yang dipilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah VI APEKSI kedua kalinya, ucap Tauhid.

Terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di Tidore Kepulauan maupun di Jailolo Halmahera Barat, tentunya Ternate juga akan mendapatkan manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung, karena Ternate yang akan didatangi terlebih dahulu.

Untuk memperkuat kerja sama ini kata Tauhid, pihaknya akan mendukung antara lain yang akan dilakukan di Tidore maupun di Sofifi.

Dia mengatakan, jika dukungan akomodasi kurang, Ternate siap untuk menjadi tuan rumah bersama mendukung agar kegiatan ini bisa sukses.

Diakuinya, kegiatan-kegiatan Nasional butuh banyak akomodasi. Ternate rencananya kata Tauhid, akan mempercantik Pintu Masuk utama seperti Bandara dan Pelabuhan untuk menyambut tamu kegiatan STQ dan Sail Tidore.

Untuk kerjasama Segi Tiga Emas yang sudah lama direncanakan itu, kata Tauhid perlu dilakukakan revitalisasi. Meski itu, Tauhid belum merinci seperti apa revitalisasi yang dimaksud.

“Saat ini yang perlu kita revitalisasi kembali yakni terkait dengan kerja sama Segi Tiga Emas”, katanya.

Mantan Sekda Kota Ternate ini meyatakan dukungan segala kegiatan di Kota Tidore yang menjadi kepentingan bersama baik itu Provinsi, khusus Tidore Kepulauan maupun antar Kabupaten Kota dalam regional tiga wilayah yang disebutkan.

Yang didahulukan untuk itu disebutnya adalah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) secara Nasional, kemudian yang kedua adalah Sail Tidore yang akan dilakukan tahun ini.

Untuk beberapa harapan yang menjadi rencana kerja sama seperti jembatan Temadore, dirinya menyatakan siap mendukung dengna alasan merupakan tuntutan kebutuhan pembangunan.

Sumber : Rilis Humas Pemkot Tikep
Editor : MSG

banner 1200x500

Komentar