oleh

Ketika Pemkot Dituntut Berikan Pelayanan Terbaik di Masa Pandemi

Jazirah Indonesia – Pandemi covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan saja, tetapi memburuknya sistem keuangan negara yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik.

Olehnya, langka Pemerintah  untuk melakukan Pemulihan Ekonomi di masa Pandemi Covid 19 sangat dibutuhkan dan perlu didukung secara serius oleh Pemerintah Daerah.

Karena, yang menjadi  tanggungjawab pemerintah daerah adalah harus tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam kondisi pandemi.

APEKSI Komwil VI, sebagai asosiasi pemerintah daerah (Kota), dalam gelaran workshop pengelolaan keuangan dan pemulihan adalah bentuk respon terhadap kondisi tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak pelayanan yang terbaik.

Melalui rilis yang diterima Jazirah Indonesia, Ketua APEKSI Komwil VI, Ali Ibrahim dalam sambutan pembukaan workshop di Ambon, Kamis (10/6/2021), mengatakan pemerintah kota dituntut harus memberikan pelayanan terbaik dalam kondisi tersebut.

“Workshop ini menjadi penting, artinya karena di tengah kondisi yang ada, Pemerintah Kota dituntut untuk tetap bisa memberikan pelayanan terbaik”, Kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim yang juga sebagai Walikota Tidore kepulauan ini melanjutkan, “apalagi dengan refocusing anggaran yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya, membuat sendi-sendi ekonomi menjadi lemah”.

Dia mengatakan, Pemerintah (pusat) telah mengambil strategi kebijakan dan langkah-langkah luar biasa, dalam rangka Penyelamatan Perekonomian Nasional dan Stabilitas Sistem Keuangan melalui berbagai kebijakan relaksasi.

Kebijakan tersebut kata Ali, berkaitan dengan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN, khususnya dengan melakukan peningkatan belanja untuk kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Workshop tersebut menghadirkan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Perekonomian selaku Keynote Speaker tentang PEN 2021, terkait penanggulangan pandemi dan bangkitnya ekonomi masyarakat.

Dihadirkan Deputi bidang usaha mikro Kementerian koperasi dan UKM yang akan mengulas tuntas program BPUM: pemulihan ekonomi nasional bagi usaha mikro, penting dalam survival masyarakat di era pandemi ini.

Selain itu, Walikota Kediri yang akan memparkan pengalaman pengelolaan UMKM go digital. Pelengkap workshop ini, kehadiran juga fasilitator dari LPPM IPB, membantu memperkuat rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini.

Penulis : Nazirul
Editor : Nazirul

banner 1200x500

Komentar