oleh

Biden Nyatakan Niat Perdalam Kerjasama Dengan Pemerintahan Baru Israel

Jazirah Indonesia – Setelah mengucapkan Selamat atas pemerintahan baru Israel, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan akan memperdalam kerjasama antara AS dan Israel.

Ucapan selamat dan pernyataan kerjasama kepada Perdana Menteri Israel Naftali Bennet itu disampaikan Biden melalui Telephone Minggu (13/6/2021) setelah secara resmi Parlemen Israel menggulingkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

The While House diberitakan thehill.com mengatakan, Biden menyampaikan “selamat hangat” dan “menyatakan niat kuatnya untuk memperdalam kerja sama” antara AS dan Israel “pada banyak tantangan dan peluang yang dihadapi kawasan ini.”

Biden mengatakan pemerintahannya berencana untuk menjalin hubungan erat dengan pemerintah Israel dalam beberapa hal.

“Upaya untuk memajukan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran bagi Israel dan Palestina, dukungan penuh selama puluhan tahun untuk hubungan AS-Israel dan komitmennya yang untuk Keamanan Israel,” kata Biden melalui telp dari Gedung Putih.

Biden menambahkan, para pemimpin sepakat bahwa mereka dan tim mereka akan berkonsultasi secara dekat tentang semua hal yang berkaitan dengan keamanan regional.

Parlemen Israel pada hari Minggu menyetujui pemerintah pembagian kekuasaan baru yang dipimpin oleh Bennett, pemimpin Ortodoks dari gerakan nasionalis agama Israel dan mantan ajudan Netanyahu, dalam mosi tidak percaya, 60-59 dengan satu abstain.

Pemungutan suara menandai pertama kalinya dalam 12 tahun bahwa Israel akan dipimpin oleh orang lain selain Netanyahu.

“Atas nama rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Naftali Bennett, Perdana Menteri Alternatif dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid, dan semua anggota kabinet baru Israel,” kata Biden dalam sebuah pernyataan tak lama setelah pemungutan suara.

Dia berharap dapat bekerja dengan Bennett untuk memperkuat semua aspek hubungan yang erat kedua Negara.

“Israel tidak memiliki teman yang lebih baik daripada Amerika Serikat, kata Biden.

Dia juga mengatakan pemerintahannya berkomitmen penuh untuk bekerja dengan pemerintah baru Israel untuk memajukan keamanan, stabilitas dan perdamaian bagi Israel, Palestina.

Bennett dalam tweet berterima kasih kepada Biden dan berkata, “Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk memperkuat hubungan antara kedua negara kita.”, tweet Bennett.

Penulis : Nazirul
Editor : Nazirul

banner 1200x500

Komentar