oleh

Puluhan Sekolah di Halmahera Barat Terima Perangkat Internet dari Kemenkominfo

Jazirah Indonesia – Sejumlah sekolah di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, menerima bantuan perangkat internet Wifi Bakti Aksi dari Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Dari 27 sekolah penerima bantuan yang terdiri dari SD, SMP dan SMA/SMK, baru 23 sekolah yang menerima. Sementara 4 sekolah lainnya rencannya akan menerima bantuan dalam waktu dekat.

banner 1200x500

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Chuzaemah Djauhar, mengatakan, bantuan tersebut merupakan hasil usulan Diskominfo Halbar ke Bakti Kemenkominfo pada 2019.

“Rencanannya di tahun 2020 lalu. Tapi tertunda karena Covid-19. Jadi baru didistribusikan tahun ini,” kata Chuzaemah dalam keterangan tertulis yang diterima Jazirah.id, Ahad (29/8/2021).

Sasaran bantuan perangkat internet ini, diprioritaskan pada daerah yang belum terakses jaringan kabel fiber optik dari Telkom, atau 4G dari operator selular.

Bagi sekolah yang belum tersentuh bantuan Wifi Bakti Aksi, kata dia, Diskominfo Halbar terus berupaya berkoordinasi dengan BAKTI untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tahun ini, Diskominfo sudah mendapat list dari BAKTI untuk beberapa sekolah yang tersebar di Kecamatan Sahu, Sahu Timur, Ibu, Tabaru, Loloda dan Jailolo Timur, yang terdiri dari SMP 8 titik, MTs 2 titik dan SMK 1 titik.

“Mudah-mudahan sekolah ini memenuhi syarat yang diminta BAKTI,” harapnya.

Seluruh sekolah yang masuk kriteria penerima Wifi Bakti Aksi sudah diusulkan. Bantuan tersebut akan diberikan secara bertahap.

“Seluruh sekolah di Indonesia yang belum tersentuh jaringan FO dan 4G, akan menerima perangkat tersebut,” katanya.

Sebelumnya sudah terpasang 34 titik, sehingga totalnya 61 lokasi yang terpasang jaringan internet wifi. Itu sudah termasuk Puskesmas dan kantor camat.

Penulis : Nurkholis Lamaau

Editor    : Dedy Zunaidi

Komentar