oleh

STQ Nasional Sofifi Hari Kedua

Jazirah Indonesia – Hari kedua Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke XXVI yang dipusatkan di Sofifi, Maluku Utara, pada Senin (18/10) berjalan dengan aman dan lancar.

Setidaknya ada beberapa tempat yang disediakan panitia lokal untuk perlombaan dihari kedua ini. Misalnya, aula Dikjar Malut yang digunakan untuk venue khusus bagi Hafalan Al-Quran golongan 1 sampai 10 Juz putra dan putri.

banner 1200x500

Peserta yang tampil pagi hingga sore sebanyak 15 peserta yang terdiri dari 7 peserta putra dan 8 peserta putri. Penampilan peserta dalam Hifzil Quran golongan 1 sampai 10 juzz.

Sementara di venue aula kantor PUPR provinsi Maluku Utara untuk mata lomba (golongan) 100 Hadits dengan Sanad, yang tampil pada pagi tadi pukul 08:30 WIT sampai 12:00 WIT diikuti 14 peserta dari 12 provinsi masing – masing 1 peserta.

Diantaranya provinsi D.I Yokyakarta, Kalimantan Timur, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Timur, dan Kalimantan Utara. Sementara provinsi Papua Barat dan Maluku masing – masing mengutus 2 pesertanya di mata lomba ini

Divenue yang sama, juga tampil 12 peserta dari 10 provinsi, diantaranya tuan rumah provinsi Maluku Utara, Kalimantan Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Maluku, Sulawesi Utara, sementara 2 provinsj lainnya yaitu Provinsi Lampung dan Kepulauan Bangka Belitung masing – masing mewakilkan 2 pesertanya di golongan ini.

“Di venue lainnya seperti di Masjid Raya Shaful Khairaat Sofifi, menampilkan mata lomba Tilawatil Al-Quran Tingkat Anak-Anak dan Dewasa (putra-putri). Ini dimulai dari pagi tadi sampai siang dan dilanjutkan hingga pukul 23:00 wit,” tulis Rakhwan K Suamba, Kepala Biro Adpim yang juga panitia pengelola media center STQN 2021.

Sementara di venue lainnya, aula Nuku kantor Gubernur Maluku Utara juga menampilkan cabang mata lomba lainnya seperti Hifdzul Qura’n 5 sampai 20 Juzz dan Tilawah.

Untuk lomba Musabaqah Hifdzul Qura’n (MHQ) 5 Jus dimulai pada pukul 08:30 WIT sampai 12:00 WIT diikuti oleh 13 provinsi dengan mengutuskan masing – masing 1 orang pesertanya kecuali 3 provinsi seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara yang mewakilkan masing – masing 2 peserta.

Sedangkan 10 provinsi lainnya hanya mengutus 1 peserta saja di mata lomba ini seperti provinsi Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Banten, Nangroe Aceh Darussalam, ditambah Sumatera Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Tengah.

Tak kalah dengan venue lainnya, malam ini juga menampilkan mata lomba Tafsir Al-Qura’n/Bahasa Arab dan Hifdzul Qura’n 30 Juz yang diikuti oleh peserta dari sejumlah Provinsi dimulai sejak pukul 08.30 WIT sampai 12.00 WIT dengan jumlah peserta yang terdiri dari enam (6) putra dan empat (4) putri.

Sedangkan pada siang tadi pada pukul 13.30 WIT sampai 17.30 WIT dengan jumlah peserta secara keseluruhan adalah 14 orang, terbagi atas 8 putra dan 6 putri.

“Penyelenggaraan lomba STQ Nasional XXVI ini, panitia telah menerapkan protokol kesehatan kepada setiap peserta kafilah, dewan hakim maupun para pendamping yang datang kelokasi acara, “harap Rakhwan.

Penulis : A. Achmad Yono
Editor : Nazirul

Komentar