oleh

Jakarta Sabet Juara Umum STQH Nasional XXVI

banner 1200x500

Jazirah Indonesia – Provinsi DKI Jakarta didapuk sebagai juara umum setelah berhasil menempatkan para Khafilahnya untuk mendapatkan banyak juara pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXVI Nasional di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

Penobatan juara umum ini sekaligus mengukuhkan provinsi berjulukan lain Sunda Kelapa itu sebagai peraih juara umum terbanyak pada satu dekade terakhir sejak tahun 2011 di Banjarmasin, tahun 2013 di Kepulauan Bangka Belitung, tahun 2015 di Jakarta, dan tahun 2017 di Pontianak.

Selain katagori gelar juara umum, Dewan Hakim juga menetapkan peringkat 10 besar peraih juara terbanyak, diantaranya provinsi Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat dan Papua.

Pada cabang Tilawah katagori dewasa, Qari’ asal Jawa Tengah Muhammad Mas’ud, keluar sebagai pemenang pertama, dengan raihan total nilai yang diperoleh 98,83. Juara kedua yaitu Danial Muhammad Hubaibillah dari Jawa Timur yang meraih nilai 98, disusul peringkat ketiga Muhammad Rizqan dari Kalimantan Selatan yang meraih nilai 96,33.

Sementara juara pertama Qari’ah, Yuni Wulandari dari provinsi Nusa Tenggara Barat dengan perolehan nilah 97,66, disusul Adila Latifah dari Nangroe Aceh Darussalam pada peringkat kedua dengan perolehan nilai 96,83 dan peringkat ketiga ditempat Qaria’h asal Sumatera Utara atas nama Sri Rahmadi dengan raihan nilai 85,66.

Menariknya, dicabang Tilawah untuk katagori anak – anak baik Qari’ maupun Qaria’h disabet oleh provinsi DKI Jakarta. Adalah Qari’ atas nama Ahmad Ismat Ramadhani. Dia didaulat sebagai juara satu dengan meraih nilai 98,33, disusul Qari’ asal Ahamd Fatah Fawwas asal Jawa Timur dengan perolehan nilai 97,17 kemudian diurutan ke tiga Nanda Anand Mumtaz, Qari’ asal Kepulauan Riau.

Sementara Khairatunnisa, Qaria’h asal DKI Jakarta juga menempati juara pertama dengan meraih nilai 98,67. Hanya terpaut nilai 1,14, Qaria’h asal Kalimantan Barat atas nama Malika Khairah Khalqillah menempati juara kedua dengan meraih nilai 97,53 disusul Qaria’h asal Sumatera Utara atas nama Zalfa Imratul Muflihah yang meraih nilai 95,66.

Penulis : Arbi
Editor : A. Achmad Yono

Komentar