oleh

Keluarga Kawanua Perkuat ‘Si Tou Timou Tumou To’ Di Kota Tidore

Jazirah Indonesia – Untuk lebih mempererat hubungan kekeluargaan, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) membentuk pengurus baru dan pelantikan pengurus Kota Tidore Kepulauan dilakukan Sabtu (5/2/2022).

Pelantikan pengurus KKK (Dewan Pengurus Cabang (DPC) KKK Kota Tidore Kepulauan) ini dilakukan oleh  Ketua Umum KKK Pusat Ronny F. Sompie secara virtual. yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo di Aula Mole Majimo SMA Negeri 1 Kota Tidore.

banner 1200x500

Sekretaris DPD Kerukunan Keluarga Kawanua Maluku utara Febri Maramis dalam sambutannya menyampaikan, dengan dilantiknya DPC KKK Kota Tidore dapat mempererat hubungan kekeluargaan kami kawanua yang berada di Kota Tidore Kepulauan.

Untuk itu dirinya berharap,  warga kawanua yang hidup di perantauan agar dapat saling topang menopang sesuai dengan semboyan “Si Tou Timou Tumou To”.

Semboyan itu lanjutnya, mengandung arti manusia baru dapat disebut sebagai manusia jika sudah dapat memanusiakan manusia dan dapat menjalankan budaya Mapalus kepada sesama anggota.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

Dimana kata Dia, KKK akan menjadi organisasi paguyuban pemersatu bangsa serta menyambut baik terbentuknya organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua Kota Tidore Kepulauan.

Ini menandakan bahwa sambungnya, Kota Tidore Kepulauan sebagai bagian dari Indonesia dengan Khebinekaannya. Karena dengan terbentuknya organisasi paguyuban ini dapat menjadi wadah berkumpulnya seluruh masyarakat Kawanua dirantau orang yang lebih khususnya di Kota tidore Kepulauan.

“Saya Berharap agar para pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) yang baru dilantik dapat bersinegri denagan Pemerintah Daerah dan berkontribusi dalam pembangunan demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera”, kata Ismail.

Dia juga mengajak seluruh warga KKK agar senantiasa menjaga kerukunan dan kekeluargaan antar etnis atau suku yang ada di Kota Tidore Kepulauan dan dimanapun kita berada untuk saling menghormati antara sesama suku.

Ketua DPC Kerukunan Keluarga Kawanua Kota Tidore Kepulauan Ratna Mokodongan dalam sambutannya juga menyampaikan harapan yang sama yakni, mempererat tali silaturahim antar sesama.

Selain itu kata Ratna, KKK diharapkan dapat bekerjasama dalam mendorong pemerintah daerah untuk membantu mensukseskan segala program pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Kedepannya nanti jauh lebih baik lagi, sebab torang samua basudara jangan ada  perbedaan suku ras dan agama”, kata Ratna.

Ketua panitia pelaksana, Irfan Maramis dalam laporannya menyampaikan jumlah Anggota KKK yang tergabung dalam Oraganisasi Kerukunan Keluarga Kawanua Kota Tidore Kepulauan ialah sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesbangpol Kota Tidore Kepulauan, Sekretaris Dewan Pengurus Cabang KKK Provinsi Maluku Utara beserta pengurus, Ketua Dewan Pengurus Cabang Kota Ternate beserta Pengurus, dan Pengurus serta Anggota DPC K3 Kota Tidore Kepulauan.

Komentar