oleh

Refleksi Singkat Musda BADKO HMI Mal-Malut Ke-XII 2022

Ilham Fahri
(Ketua Umum HMI Cabang Tidore)

 

banner 1200x500

MUSYAWARAH Daerah Badan Koordinasi (Badko) HMI Maluku-Maluku Utara ke-XII tepatnya, pada tanggal 22 Februari 2022 dengan melaksanakan agenda seremoni pembukaan di Kabupaten Pulau Morotai. Musyawarah Daerah Badko HMI Maluku-Maluku Utara Ke-XII merupakan suatu momentum penting dan sebagai konsistensi dalam menjalankan roda organisasi secara konstitusional.

Krusialnya, ini setelah dari perjalanan pahit kefakuman dan dinamika tarik urat yang kuat di tubuh Badko, maka sudah semestinya momentum Musda kali ini benar-benar menjadi satu agregasi ide dan gagasan dalam menstimulus bagaimana format kepimpinanan Badko HMI Mal-Malut dan di kepengurusan kedepanya nanti.

Musda bukan sekedar proses menentukan akumulasi suara pada kandidat si A atau si B, akan tetapi legitimasi itu mesti didasari dengan pendekatan yang kritis, rasional dan objektif, sudah tentu setiap pendekatan itu melewati daya dan nalar intelektual dalam menentukan kualitas serta kapabilitas pada sosok siapa dan entah siapa yang nanti mempimpin Badko HMI Maluku-Maluku Utara yang tanpa mengambaikan mekanisme syarat dan kriteria serta visi dan misinya.

Badko yang merupakan kepanjangan dari Badan Koordinasi dibentuk guna memudahkan jalur koordinasi PB HMI di Cabang-Cabang secara struktural dan internal organisasi, bahkan setiap rekomendasi-rekomendasi, aspirasi-aspirasi yang berkembang secara kondisional untuk ditindaklanjut Badko sampai ke tingkat PB HMI. Selain itu Badko juga memiliki tugas pegkaderan dengan melaksanakan Advance Training Latihan Kader III (LK-III) dalam satu periode kepengurusan.

Siapapun yang memimpin Badko HMI Maluku-Maluku Utara tentu menyadari bahwa selain menjalankan kerja-kerja organisasi, Badko memiliki kedudukan yang begitu strategis sebagai bentuk perpanjangan tangan PB HMI, apalagi khususnya saat ini, berbagai krisis multidimensional yang terjadi di dua wilayah Daerah Maluku dan Maluku Utara.

Dengan kondisi, maka sebagai tugas dan tanggung jawabnya mampu memaksimalkan perannya dan tak terlepas dari mission HMI dalam mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT, olehnya bagaimana peran dan akutualisasi nyata posisi Badko dapat mengontrol jalanya kebijakan di dua wilayah pemerintahan baik di Provinsi Maluku maupun Maluku Utara.

Musda diharapkan dapat melahirkan sosok pemimpin yang cerdas, tegas dan berintegritas, tanpa menyampingkan agenda-agenda pada setiap pleno, yang pada khususnya setiap rekomendasi baik internal maupun eksternal untuk ditindaklanjut pada rapat kerja kepengurusan Badko periode baru nantinya.

Banyak hal yang menjadi catatan penting untuk diseriusi Badko HMI Maluku-Maluku Utara sebagai struktur satu tingkat di bawah PB HMI. Badko Maluku Maluku Utara Periode kedepan harus mampu mengembalikan eksistensinya .

Ajang Musda kali ini merupakan silaturahmi gagasan para delegasi ketua-ketua umum HMI se Badko Maluku-Maluku Utara diantarnya, Ketua umum HMI Cabang Ambon, Masohi, Seram Bagian Timur, Namlea, Tual-Marla, Persiapan Aru, Ternate, Cab. Persiapan Bacan, Sanana dan Tidore. Semoga dinamika kritis dan intelektual terus dirawat sehingga melahirkan keputusan objektif dan solutif guna mengevaluasi agenda-agenda Badko kedepanya.

Selain itu, demi menjaga marwah Himpunan, satu doktrin Independesi etis, organisatoris bukanlah sebuah prinsip, sikap dan sifat yang baru bagi seorang kader HMI aktif di manapun ruang prosesnya, maka Musda Badko HMI Maluku-Maluku Utara Ke-XII patut menjadi ikhtiar bersama agar tidak disisipi atau diintervensi ke dalam ranah komunikasi politik praktis oleh oknum-oknum tertentu demi kepentingan pada perhelatan pemilu serentak di tahun 2024. Dan ini menjadi ketegasan sikap serta prinsip bersama secara struktural dimana pun dan di dalam momentum apapun.

Selamat berkompetisi para Kandidat, para kader terbaik Se Badko Maluku-Maluku Utara .

Selamat bermusda untuk para ketum-ketum Cabang

Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah Swt, dilimpahkan Rahmat serta Hidayahnya dan terus Istiqomah memohon Ridho-nya, sebagai keberkahan dalam menjalankan tugas serta amanah.

Komentar