oleh

Hujan Lebat Awali Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Malut di Morotai

Jazirah Indonesia – Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku Utara ke XXIX yang diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 26 Maret 2022 di Kabupaten Pulau Morotai resmi dibuka Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. Al Yasin Ali, Senin (20/3/2022).

Pembukaan MTQ ini berlangsung di lokasi eks Sail Morotai dan diawali dengan devile khafilah dari 10 kabupaten kota serta pelantikan dewan hakim oleh wakil gubernur Maluku Utara.

banner 1200x500

Wakil Gubernur Al Yasin Ali menyampaikan, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi serta melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa Indonesia. Kehadiran MTQ kata Wakil Gubernur Maluku Utara, senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat dan Even keagamaan ini.

“Selain menjadi media dakwah dan siar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah serta menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan di bidang keagamaan,” jelas Wagub Al Yasin Ali.

Demikian latar utama penyelenggaraan MTQ yang ke XXIX lanjut Wagub adalah untuk meningkatkan gairah umat Islam Maluku Utara khususnya generasi  muda agar senantiasa membaca, menghafal, menelaah, memahami, memaknai dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari – hari.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara yang juga Ketua LPTQ Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir mengatakan,  kegiatan  MTQ ini adalah wadah pengembangan potensi  generasi  muda Islam dibidang  tilawah,  tartil,  tahfidz, fahmil,  syarhil,  karya tulis ilmiah dan khath Al-Quran.

“MTQ  ke XXIX juga digelar dalam rangka untuk menyeleksi para qori/qoriah, hafidz/hafidzah, dan cabang cabang musabaqah lainnya yang dinyatakan terbaik untuk mewakili Provinsi Maluku Utara pada MTQ XXIX Tingkat Nasional  tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan,” ujar Samsuddin.

Diketahui, MTQ tingkat Provinsi ini diikuti oleh 362 peserta dari 10  kabupaten/kota di Maluku Utara. Ke 362 peserta tersebut terdiri dari 184 peserta putra dan 178 peserta putri dan didampingi oleh official/pelatih 50 orang.

Pembukaan MTQ ke XXIX tahun 2022 ini dihadiri sejumlah pejabat dari masing – masing daerah, anggota DPRD Malut, Kepala BPK dan BPKP perwakilan Maluku Utara, TP PKK Kabupaten Pulau Morotai, DWP Provinsi, serta unsur Forkopimda.

Komentar