oleh

Anggaran Sail Tidore ‘Carry Over’ Dari 2021 ?  

banner 1200x500

Jazirah Indonesia – Sail Tidore 2022 dijadwalkan akan berlangsung selama 6 hari, terhitung mulai tanggal 24 hingga 29 November 2022. Namun, hingga saat ini kepastian anggaran pelakasanaan even belum ada kejelasan.

Sebagaimana hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi pemaparan detail persiapan kegiatan oleh masing masing bidang panitia sail Tidore berlangsung secara daring di Ruang Rapat Walikota melalui zoom meeting, Selasa (17/5/2022).

Kejelasan anggaran Sail Tidore akan dibahas kembali pada rapat tingkat Menteri tanggal 2 Juni 2022, rapat akan dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan RI.

Sail Tidore 2022 dijadwalkan akan berlangsung selama 6 hari, terhitung mulai tanggal 24 hingga 29 November 2022. Terkait kejelasan anggaran Sail Tidore akan dibahas kembali pada rapat tingkat Menteri tanggal 2 Juni 2022, rapat akan dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan RI.

Pada zoom meeting tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mengatakan, untuk kesiapan Sail Tidore di Kota Tidore Kepulauan sebenarnya sudah siap, baik lokasinya maupun kesiapan pendukung acara lainnya, hanya saja terkait dengan anggarannya masih belum jelas seperti apa.

“Untuk Kota Tidore, kami sudah siap, terkait persiapan lokasi Sail Tidore dan lain sebagainya, hanya saja terkait penganggarannya kami belum tau seperti apa, apakah ditanggung oleh seksi acara ataukah bagaimana,” tutur Ismail.

Lebih lanjut Ismail menambahkan, terkait dengan Progres lokasi Sail Tidore 2022, Pemerintah Daerah Kota Tidore sudah menyiapkan lokasi, sesuai kesepakatan awal Pemda Provinsi Maluku Utara yang akan melakukan finishing.

Selain itu, disebutkannya, Pemerintah Kota Tidore telah melakukan penandatanganan MoU dengan pihak PLN untuk bantuan material timbunan dan itu sudah siap, namun hingga saat ini Pemda Provinsi belum ada reaksinya, sehingga progres lokasi belum ada perubahan.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perdagangan Yunus Sirundu dalam rapat tersebut mengharapkan agar rapat tingkat menteri secepatnya dilakukan.

Hal itu bermaksud sambungnya, agar segera dibahas kepastian anggaran Sail Tidore, karena Sail Tidore sudah dibicarakan sejak tahun 2021, akan tetapi kepastian anggarannya belum ada.

“Sebetulnya Sail Tidore ini event yang diundur pelaksanaannya, dan keputusan Menkomarves terkait dengan pelaksaan Sail Tidore ini sudah dianggap cukup, tidak perlu lagi Instruksi Presiden (Inpres)”, kata Yunus.

Jadi lanjutnya, semua kementerian lembaga sudah mengalokasikan anggarannya tahun lalu sebetulnya, jadi ini hanya di-carry over di tahun 2022.

Hal ini disampaikannya, nanti diangkat lagi di rapat tingkat menteri supaya disampaikan kembali oleh Pak Menteri, agar secepatnya anggaran untuk mendukung Pelaksaan Sail Tidore ini ada kepastiannya.

 

Reporter: H. Kamarudin
Editor : Nazir

Komentar