oleh

KKB Bakar Fasilitas Pemda Intan Jaya Saat Pidato Kenegaraan

Jazirah Indonesia  – Kelompok Kriminal Bersenjata Papua (KKB) melakukan aksi pembakaran sejumlah fasilitas milik Pemerintah Kabupaten Intan Jaya di Sugapa, Papua Selasa (16/8/2022).

Baku tembak dengan kelompok KKB pun terjadi setelah aparat keamanan diterjunkan. Aksi brutal KKB tersebut bertepatan dengan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

banner 1200x500

Dilansir Antara, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gustoro membenarkan aksi brutal KKB teroris tersebut. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kejadian ini berawal dari letusan senjata api dan kepulan asap tebal di salah satu bangunan yang ada di Kampung Mamba, Distrik Sugapa.

Bangunan yang dibakar yakni Barak Dinas Pemuda dan Olahraga Pemda Intan Jaya.

Pada Pukul 10.30 WIT, salah satu ojek lokal yang datang dari arah Kampung Mamba menginformasikan kepada masyarakat di sekitar Pasar Pagi Yokatapa (sekitar Bank Papua) bahwa ada bangunan di Kampung Mamba dibakar oleh KKB.

kemudian pada 10.37 WIT, terlihat kepulan asap tebal di komplek Kampung Mamba, Distrik Sugapa dibarengi bunyi tembakan yg dikeluarkan oleh KKB.

Tembakan itu berlangsung di Dusun Bajemba sebanyak 2 kali letusan senapan, tower bilogai sebanyak2 kali letusan senapan, dan Kompleks J.2 juga 2 kali letusan senapan.

Pukul 11.39 WIT, terdengar suara tembakan double tap ke arah kediaman Wakil Bupati (Wabup) Intan Jaya. Hingga dilakukan tembakan balasan oleh personel Polsek dan anggota pos yg berada dikediaman Wabup.

Diduga aksi pembakaran bangunan di Mamba dilakukan oleh KKB pimpinan Lewis Kogoya.

Sedangkan penembakan diduga dilakukan KKB pimpinan Undius kogoya. Saat ini mereka berada di Sugapa) dan dan sedang malakukan aksi penembakan.

Aparat TNI-Polri hingga saat ini masih melakukan Siaga 1 di Pos masing.

“Hingga saat ini aparat keamanan masih baku tembak dengan kelompok sipil bersenjata (KSB) yang melakukan aksi pembakaran sejumlah fasilitas milik Pemerintah Kabupaten Intan Jaya di Sugapa,” kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gustoro.

Sebelumnya pada 20 Juli 2022, KKB melakukan serangan mematikan ke wilayah Nduga Papua yang mengakibatkan 11 warga sipil tewas. Serangan berlangsung di Tanjakan Adu Mama 2, Distrik Kenyam, Nduga.

Komentar