oleh

TIM Mabes TNI AL Survei Lokasi Sail Tidore

Jazirah Indonesia  – Tim Mabes TNI AL melalukan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sekaligus meninjau lokasi Pelaksanaan Sail Tidore, Rabu (14/9/22).

Staf Ahli Walikota Yakub Husain Yakub Husain dalam pertemuan dengan Tim Mabes TNI AL ini menjelaskan latar belakangan pelaksanaan Sail Tidore.

banner 1200x500

Dimana kata Yakub sejarah Kedatangan Spanyol di Tidore pada tahun 1521 Ekspedisi Magellan dan Juan Sebastian de Elcano yang dicatat sebagai sebuah ekspedisi maritim penting Eropa pada abad Ke-16 atau 500 tahun lalu.

Meski itu, Yakub menjelaskan, rencana sail Tidore ini pun masih menunggu keputusan dari Panitia Pusat, Kemenko Bidang Maritim.

“Sail Tidore ini dilaksankan karena sebagai peringatan Ekspedisi maritim pada abad Ke-16 atau 500 tahun yang lalu dan merupakan Hadiah dari Pemerintah Pusat Kepada Tidore Kerana mempunyai kisah sejarah tersebut dan Acara Sail Tidore ini masih menunggu keputusan dari Panitia Pusat yaitu dari Kemenko Bidang Maritim”, jelas Staf Ahli Yakub.

Kepala Tim Mabes TNI-AL, Kolonel Marinir 10792/P Suliono, S.E mengapresiasi penyambutan dan izin peninjuan oleh Pemkot Tidore Kepulauan.

“Terima Kasih saya dan rombongan ucapkan kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang telah menyambut kami dengan baik dan memberikan kami izin untuk melalukan pemantauan lokasi acara”. ucap Suliono.

Kolonel Suliono mengatakan, pelaksanaan survey dilakukan beberapa hari yang terhitung dari hari Rabu sampai dengan jumat tanggal 16 nanti setelah itu Tim survey akan kembali untuk melaporkan hasil kepada atasan masing-masing.

“Survey ini akan dilaksanakan beberapa hari di Kota Tidore yang terhitung dari hari ini rabu sampai dengan jumat tanggal 16 nanti dan setelah itu kami akan kembali untuk melaporkan hasil kepada atasan kami masing-masing”. Tambahnya,

Terdapat beberapa Dinas terkait juga yang ikut melaporkan progres dalam persiapan Sail Tidore nanti antara lain Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Drs. Muslihin.

Muslihin memaparkan, di Kota Tidore karena tidak mempunyai Hotel sehingga disediakan 9 Penginapan dan 800 Kamar dari perumahan masyarakat yang layak untuk dijadikan tempat tinggal dan kami meminta dari TNI-AL bisa menyediakan Kapal untuk para tamu dari luar apabila terjadi pembeludakan pengujung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Abdul Muis juga menambahkan bahwa pembangunan lokasi Sail juga setiap hari terdapat progres yang sangat baik dan Insya Allah bulan Oktober mendatang Lokasi Sail akan sudah selesai dibangun.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan melaporkan bahwa pada acara Sail nanti terdapat Posko induk pelayanan kesehatan dan beberapa Posko Mobile pelayanan kesehatan.

Dia menyatakan akan memberikan data-data kepada tenaga kesehatan dari TNI-AL apa saja spesial yang masih kurang di Kesehatan Kota Tidore agar TNI-AL dapat mendatangkan spesialis-spesialis kesehatan pada Sail Tidore nanti.

Setelah melakukan Rapat Koordinasi Para Tim Mabes Survey melakukan peninjauan lokasi acara yang dimulai dari Lapangan Open Space untuk dijadikan lokasi Perkemahan Pramuka yang akan didatangkan dari daerah-daerah sebanyak 300 orang untuk iku meramaikan Sail Tidore dan menuju ke lokasi utama Sail Tidore di Pelataran Pantai Tugulufa.

Turut Hadir Tim Mabes TNI-AL Pelaksana Survey yang terdiri dari 18 orang, Kadis PU-PR, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Parawisata, Kasat Pol-PP, Kadis Kesehatan, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Umum, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, mewakili Kadis Perhubungan, mewakil Kaban Bapelitbang, dan mewakili Direktur RSD Tidore.

 

Komentar