oleh

‘Aksi Soadara Biru’, Dari Kelurahan Soadara Untuk Sail Tidore

Jazirah Indonesia – Warga kelurahan Soadara, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan menggelar aksi pembersihan sampah di sepanjang pantai kelurahan tersebut, Minggu (16/10/2022).

Kepala Kelurahan Soadara, Idham Taher mengatakan kegiatan bersih pantai yang kemudian disebut ‘Aksi Soadara Biru’ itu merupakan inisiatif pemuda di Kelurahan Soadara.

banner 1200x500

Aksi Soadara Biru tersebut kata Idham, merupakan wujud dukungan Kelurahan Soadara untuk Sail Tidore 2022.

“Pelaksanaan kegiatan ini juga berkaitan dengan hari sumpah pemuda dan juga berkaitan dengan sail Tidore sebagai wujud dukungan kita,” kata Idham kepada wartawan.

Ketua Panitia Aksi Soadara Biru, M Agung Djafar mengatakan kegiatan ini merupakan kali kedua. Hanya saja pada kegiatan perdana tidak melibatkan pihak dari luar kelurahan.

“Akan tetapi kali ini dengan tema Aksi Soadara Biru, kami bekerjasama dengan Koramil Tidore, mahasiswa Nuku Tidore, mahasiswa Kubermas IAIN Ternate dan HMI Cabang Tidore,” katanya.

Dia menyampaikan, kegiatan ini juga mendapatkan dukung secara pribadi dari Abdurahman Arsad, anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan fraksi PDI Perjuangan.

“Beliau (Aburahman Arsad) memberi dukungan moral maupun moril,” ucapnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan terimah kasih kepada Koramil Tidore, HMI cabag Tidore dan mahasiswa universitas Nuku Tidore.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda Soadara, M. Fajri mengatakan, kegiatan Aksi Soadara Biru pada intinya adalah membangun kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Bukan soal ada atau tidaknya kontener sampah, tetapi kesadaran itu yang harus ditumbuhkan, sehingga tidak ada tempat sampah sekalipun, orng tidak akan membuang sampah sembarangan,” ujar Fajri.

Sebagai bagian dari kegiatan Aski Soadara Biru, sehari sebelumnya juga dilakukan pembersihan di lokasi kuburan. Setelah bersih-bersih pantai, malamnya kemudian digelar ratib taji besi (debus).

Komentar