oleh

KM Tatamailau Dijadikan Penginapan Terapung di Sail Tidore

Jazirah Indonesia – KM. Tatamailau akan dijadikan sebagai penginapan terapung di perhelatan Sail Tidore pada 24 sampai 29 Nomvember mendatang.

Kapal tersebut dikabarkan akan sandar di Pelabuhan Trikora Tidore pada tanggal 22 November  2022.

Hal tersebut disampaikan tim dari PT. PELNI Pusat, Feril saat mengunjungi Kota Tidore Kepulauan, Rabu (26/10/2022).

Tim PT. PELNI Pusat yang datang ke Tidore bersama tim Kasubdit Perhubungan Laut Kemenhub RI itu, kemudian melangsungkan rapat bersama pemerintah Kota Tidore terkait kesiapan akomodasi penginapan terapung tersebut.

Tim dari PT. PELNI Pusat, Feril mengatakan, untuk Kapal Pelni sendiri, kapasitas kapalnya untuk 1.000 penumpang.

Kapasitas itu terdiri dari fasilitas kamar, yaitu; kelas 1 yang berisi 2 tempat tidur dalam 1 kamar, dan kelas 2 untuk 4 orang dengan 4 tempat tidur dalam 1 kamar, selebihnya adalah kelas ekonomi.

“Untuk pelaksanaan Sail Tidore yang dijadwalkan pada tanggal 24 sampai 29 November 2022, atas permintaan dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, maka di tanggal 22 November 2022, KM. Tatamailau sudah sandar di Pelabuhan Tidore,” kata Feril.

Sedangkan estimasi tamu atau pengunjung yang menginap di kapal lanjutnya, kurang lebih 700 orang, dan itu bisa tercover semua,” tutur Feril.

Sementera di kesempatan yang sama, Kasubdit Perhubungan Laut Kemenhub RI, Samsul mengatakan, untuk akomodasi penginapan terapung, biaya operasionalnya gratis.

Pihaknya hanya meminta kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan selaku panitia daerah, untuk mempromosikan penginapan terapung ini, agar kedatangan Kapal Pelni dapat dimanfaatkan sebaik baiknya.

“Untuk yang menginap nanti bisa Daftar melalui link yang akan kami siapkan, dan bisa juga daftar melalui Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan,” tambah Samsul.

Rapat ini juga membahas terkait kesiapan dan hal-hal teknis yang dibutuhkan dalam akomodasi penginapan terapung, seperti; transportasi yang disediakan dari Dermaga ke Lokasi acara Sail Tidore.

Kemudian, petugas/ volunteer untuk registrasi pengunjung di kapal, tambahan suplay air bersih, ketersediaan penjual makanan, keamanan, kesehatan, hingga pelayanan sampah di dermaga untuk pengunjung yang menginap di Kapal.

Usai rapat, tim PT. PELNI Pusat dan tim Kasubdit Perhubungan Laut Kemenhub RI, didampingi Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim, Staf Ahli Wali Kota dan Asisten Sekda serta Pimpinan OPD, melakukan peninjauan di Pelabuhan Trikora dan lokasi perhelatan Sail Tidore di Kawasan Pantai Tugulufa.

banner 1200x500

Komentar