oleh

Tim Pemprov Babel Telusuri Naskah Kuno hingga Maluku Utara

banner 1200x500

Jazirah Indonesia – Tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan penelusuran naskah kuno yang berkaitan dengan Babel hingga ke dearah Probinsi Maluku Utara.

Tim yang dipimpin oleh Sekda Babel Naziarto ini, selain mengunjungi Maluku Utara juga mengunjungi sejumlah daerah dalam Kabupaten/Kota di Babel dan luar daerah Babel.

Kedatangan tim ke Maluku Utara, Kamis (27/10/2022), terdiri dari Sekda Babel Naziarto, Bunda Literasi yang juga Ketua DWP Babel Sri Rahayu Mulya Naziarto, Kepala DKPUS Babel Rakhmadi Kabid Kabid Pelestarian Koleksi Nasional dan Pelestarian Naskah Kuno DKPUS Babel Mirdayati, Pustakawan dan Pelaksana di DKPUS Babel.

Tim tersebut  diterima Gubernur Maluku Utara diwakili Asisten II Setda Pemprov Maluku Utara Sri Haryani Hatari di Kantor Gubernur Maluku Utara, Kota Sofifi.

Sekda Naziarto mengatakan, kunjungan Tim Pemprov Babel selain untuk menelusuri naskah dan benda kuno yang berkaitan dengan Provinsi Babel, juga untuk bersilahturahmi sekaligus ingin mencari pengetahuan yang bisa dipadukan dengan Babel.

“Terkait kami memilih Maluku Utara karena Sultan Mahmud Badaruddin II yang berasal dari Sumatera Selatan dimana dulunya Babel menjadi bagian dari Sumatera Selatan dimakamkan di Ternate,” jelas Naziarto, dialnsir dari laman dkpus.babelprov.go.id.

Terlebih antara Babel dengan Maluku Utara, kata Sekda Naziarto, dua rumpun satu saudara. “Dari adat dan budaya, geografis begitu juga kultur masyarakatnya, kita wilayah kepulauan yang tak jauh berbeda,” ujarnya.

Disamping itu, Babel juga belajar banyak kemajuan-kemajuan dari Maluku Utara. “Masyarakat Bila perlu ke depan kita membuat MoU dalam meningkatkan bidang perdagangan. Jadi, apa yang ada di Maluku Utara kita bawa ke Babel, demikian juga yang ada di Babel dibawa ke Maluku Utara,” ungkap Naziarto.

Semoga, Sekda Naziarto mengharapkan, dalam penelusuran di Maluku Utara ini, ditemukan naskah kuno yang ada hubungannya dengan Babel, apakah itu berupa foto-foto, atau tulisan-tulisan.

Sementara itu, Asisten II Setda Maluku Utara Sri Haryani Hatari mewakili Gubernur Maluku Utara menyambut baik dan mengaku sangat senang dikunjungi Tim Pemprov Babel. “Ini adalah momentum yang sangat bagus untuk menjalin kerjasama,” kata Sri Haryani.

Diujung pertemuan, kedua belah pihak saling tukar kenang-kenangan. Dari Pemprov Babel sendiri memberikan cinderamata berupa pewter jembatan emas, diserahkan Sekda Naziarto, dan plakat Bunda Literasi Babel diserahkan langsung oleh Sri Rahayu Mulya Naziarto selaku Bunda Literasi Babel.

Selesai dari Kantor Gubernur, di hari yang sama Sekda Naziarto Bersama Tim Pemprov Babel mengunjungi Makam Sultan Badaruddin II di Kota Ternate

Komentar