oleh

Malut Ekspor Perdana Coklat Batangan ke Eropa

Jazirah Indonesia  – Ekspor perdana coklat olahan komoditas pertanian asal Kepulauan Sula Maluku Utara ke Eropa melalui Bandara Sultan Babulla Ternate dilakukan, Jumat (18/11/2022).

Ekspor perdana coklat sebanyak 22,4 kg yang lakukan PT. Inti Alam Enterprisis ini dengan tujuan ekspor Glasgow, Inggris.

Kegiatan pelepasan dihadiri pimpinan instansi pendukung akselerasi ekspor, seperti Karantina Pertanian, Bea Cukai, Bank Indonesia, KUPP Sultan Babullah, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dan GM PT. Garuga Indonesia Cabang Ternate.

Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate Yusuf Patiroy kepada mengatakan, Ekspor perdana cokelat batangan ini telah membuktikan bahwa komoditas pertanian Malut memiliki potensi yang bisa untuk bersaing di pasar global.

“Karantina terbitkan Phytosanitary Certificate setelah melakukan pemeriksaan sebagai jaminan kesehatan agar produk ini dapat diterima di negara tujuan,” kata Yusup Patiroy.

Yusup menngatakan, coklat yang diekspor terdapat berbagai varian rasa, seperti cokelat, kopi, mede, dan kenari dengan nilai ekspor sebesar 3,6 juta rupiah.

Sedangkan bahan baku pembuatan coklat yakni biji kakao dijelaskannya, merupakan salah satu komoditas unggulan Maluku Utara.

Berdasarkan data IQFast Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, pada periode Januari – Oktober 2022 tercatat volume domestik keluar kakao biji sebanyak 342.000 kilogram. Biji kakao ini dikirim ke berbagai daerah tujuan, seperti Surabaya, Jakarta, dan Jayapura.

 

Komentar

News Feed