oleh

IMS Gandeng PT IWIP Bangun Rumah Sakit Baru, Bappelitbangda Halteng: Kita Sudah Survei Lokasi

Jazirah Indonesia, Weda – Penjabat Bupati Halmahera Tengah (Halteng), Ikram M. Sangadji akan membangun rumah sakit baru bertaraf layanan terbaik di Halmahera Tengah.

Dalam pembangunan Rumah Sakit baru, Asisten Deputi Pengelolaan Perikanan Tangkap, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) ini akan menggandeng PT IWIP.

Kepala Bapelitbangda Halmahera Tengah, Salim Kamaluddin, mengatakan sesuai arahan IMS terkait rencana pembangunan rumah sakit bertaraf pelayanan terbaik pihaknya bersama dinas PUPR sudah turun di dua titik lokasi untuk melakukan survei.

“Dua lahan yang telah dilakukan survei itu pada lahan pemda salah satunya di kilometer tiga dan satunya lagi di samping RSUD Weda saat ini, masing-masih berukuran 10 hektare.
Lahan itu milik Pemda yang dipersiapkan untuk fasilitas khusus dan fasilitas umum,” ujarnya.

Salim bilang, sementara ini dari tim konsultan merancang itu, dan mengkaji topografi dan resiko.

“Pembangunan itu harus pada daerah yang bebas banjir dan tanah yang tidak terlalu berawah,” katanya.

Menurutnya, pembangunan rumah sakit baru Ini untuk mengantisipasi pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan daerah terkait dengan kehadiran PT IWIP.

Selain itu dari data dinas kesehatan ini juga tingkat pasien selain pasien yang ada di wilayah Halteng juga ada pasien di wilayah hinterland di mulai dari sebagian kawasan Halsel yaitu di daratan gane dan sebagian wilayah Kota Tikep.

“Ini juga bertaraf rujukan yang mumpuni untuk bisa mengantisipasi tingginya pasien-pasien yang membutuhkan penanganan akibat berbagai penyakit yang muncul,” jelasnya.

“Insha Allah, rumah sakit ini akan dijadikan sebagai rumah sakit bertaraf canggih karena di situ seluruh fasilitas dan ketersedian tenaga kesehatan disesuaikan dengan fasilitas yang menjadi rumah sakit rujukan,” tambahnya.

Masih menurut Salim, sesuai pembicaraan Bupati IMS dengan tim dari Pemda bahwa pembangunan rumah sakit ini akan didukung oleh PT IWIP.

“Jadi hampir sama dengan pembangunan yang lain yang didukung melalui CSR PT IWIP,” tandasnya.

Komentar