oleh

Komunitas Saluma Musik Kota Tidore Launching Sound of Spice

Jazirah Indonesia – Komunitas Saluma Musik Kota Tidore Kepulauan menggelar launching sound of spice.

Launching dilakukan Staf Ahli Walikota Tidore Kepulauan Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yakub Husain, mewakili Walikota Tidore Kepulauan, di di area parkir pelabuhan Goto Sarimalaha, Rabu (30/8/2023

Yakub Husain mengatakan, Musik tradisional adalah sebuah alat kesenian yang menjadi kekhasan suatu daerah, memiliki harmoni dan identik dalam tiap syairnya mengandung makna yang dalam yakni berupa pesan bijak dari para senimannya.

Musik tradisional juga menjadi bagian dari budaya masyarakat, selain pakaian dan tarian, musik juga menjadi bentuk gambaran kebudayaan dari daerah.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.,” Kata Yakub.K

Komunitas Saluma Musik sebagai inisiator kegiatan ini terdiri dari para pemuda/pemudi Tidore yang masih memiliki kepedulian akan kebudayaan daerah ditengah perkembangan zaman.

Yakub husain juga mengajak kepada generasi muda Tidore untuk nikmati alunan nada dalam music tradisional melalui persembahan Saund of Spaises atau Suara Musik Rempah yang pastinya akan membawa warna baru dalam khasanah musik tradisi.

“Tradisi kita bangun mimpi dan harapan kita, menyambut Pencanangan Tidore sebagai tuan rumah Hari Nusantara 2023 yang akan digelar pada Desember mendatang,” jelasnya.

Sementara, Project manager M Raflin Fajar dalam laporannya mengatakan, musik tradisi memiliki akar yang kuat dalam ruang-ruang ritus rumah soa, yang menjadi alas hidup dan representasi dari identitas budaya masyarakat adat.

Demikian itu kata M Raflin, didalamnya tersembunyi pengetahuan moral dan etik sebagai warisan peradaban masalalu yang dijaga satu generasi ganti generasi.

Dia menjelaskan sound of spices adalah sebuah persembahan dari komunitas saluma musik yang di dedikasikan untuk seluruh masyarakat dan anak-anak muda.

Ia dipilih lanjutnya, sebagai tema pertunjukan untuk menjelaskan tingginya nilai-nilai peradaban tidore sebagai salah satu pusat kawasan rempah dunia dimasa lalu, tempat pertemuan segala bangsa dan budaya.

M Raflin Fajar juga menambahkan, sound of spices juga diangkat dari elemen-elemen musik ritus dan tradisi tutur masyarakat pegunungan dengan aransemen yang di barui mengikuti dinamika dan semangat berkesenian anak-anak muda yang meluap.

Untuk itu, kata Dia, bukan hanya sekedar pergelaran musik semata, akan tetapi sound of spices adalah sebuah gerakan kebudayaan.

Diakhir peluncuran sound of spices Saluma Musik Perform, terdapat persembahan tarian dari Generasi muda Tidore.

Komentar