oleh

Tinjau langsung Lokasi Pelaksanaan Hari Nusantara, Ini Yang Disampaikan Menhub

Jazirah Indonesia – Dalam mempersiapkan Kota Tidore Kepulauan sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara Tahun 2023, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengunjungi Kota Tidore, Jumat (15/9/2023).

Menhub dan dengan menumpangi Helikopter Airfast NHM, di Kota Tidore Kepulauan disambut langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, Abdurrahman Arsyad, bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI, Hendro Sugiatno di Stadion Marimoi, Kelurahan Tuguwaji, Kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan.

Menhub diarahkan mengunjungi lokasi perhelatan Hari Nusantara di Pantai Tugulufa

“Tinjauan ini agar bisa mengetahui dimana lokasinya, bagaimana inpresiasinya, karena hari nusantara artinya kita memiliki banyak pulau, agar nantinya kita akan memberikan hubungan dari seluruh Indonesia, karena kali ini Tidore menjadi tuan rumah, Insya Allah kita akan laksanakan pada 13 Desember mendatang dengan dibuat paling terbaik”, kata Budi saat meninjau lokasi.

Budi mengatakan, pada acara puncak nantinya seluruh masyarakat Kota Tidore, Maluku Utara bahkan provinsi lain akan mengunjungi Tidore.

Olehnya harap Budi, hingga setelah kegiatan hari nusantara setidaknya ada sesuatu yang tertinggal di Kota Tidore yakni satu bentuk kegiatan fungsi yang menjadi milik masyarakat Kota Tidore.

Dia menambahkan, pihaknya akan mendesain tempat khusus untuk puncak kegiatan dengn melibatkan arsitek dunia.

“Saya mengunjungi Kota Tidore juga mengajak arsitek dunia yang telah mendesain satu tempat hari puncak Nusantara dengan menghadap ke laut”, kata Budi.

Hal itu kata Budi, agar ada dimensi laut yang dilihat. Selain itu akan dibuat lain rumah tinggal, karena yang paling penting adalah panggung utama maupun rumah tinggal yang menjadi tanda hari Nusantara dilaksanakan di Kota Tidore.

“Semua ini bisa dilaksanakan jika kami mendapatkan support dari hebatnya pak Walikota Tidore, Gubernur Maluku Utara dan disuport lagi oleh ibu DPR RI Komisi V Irene Yusiana Roba Putri, serta Arsitek Dunia dan masyarakat Kota Tidore, Maluku Utara maka semua akan berjalan dengan lancar, “kata Budi.

Sementara Gubernur Maluku Utara, K.H Abdul Gani Kasuba mengatakan, bersyukur karena Kota Tidore dipilih menajdi Tuan rumah hari nusantara.

Hal itu kata Abdul Gani, artinya pembangun di Kota Tidore akan terus melaju dengan adanya event Nasional ini.

“Dengan kehadiran menteri perhubungan ini kami mengharapkan dukungan dan dorongan untuk pembangunan Bandar Udara Loleo, Maluku Utara, setidaknya diakhir masa jabatan saya sudah akan dilakukan pembangunan tiang-tiang bandara.” kata Abdul Gani Kasuba.

Senada juga disampaikan Ali Ibrahim bahwa, dengan kehadiran menteri ini atas nama Pemerintah dan masyarakat Tidore meminta dukungan agar pembangunan bandara loleo, Maluku Utara dapat didorong dengan cepat.

“Saya juga mohon dukungan agar bandara loleo ini segera dibangun”, kata Ali

Sementara, Anggota DPR RI Perwakilan Maluku Utara Irene Yusiana Roba mengatakan, Kota Tidore menjadi tuan rumah Hari Nusantara adalah tujuan utama menteri, namun harapannya ini menjadi magnet utama Kota Tidore dan Maluku Utara secara Keseluruhan bisa mempercepat pembangunan infastruktur.

“Mungkin harapan dari masyarakat Kota Tidore dan Maluku Utara ini adalah bagaimana proses percepatan pembangunan di Maluku Utara khususnya di Kota Tidore tentunya menantikan, dan selanjutnya saya siap mengawal untuk kedepannya.’ tegas Irene.

 

Komentar