oleh

Lokasi Prioritas yang Akan Diusulkan Dukung KSPN Kota Tidore

Jazirah Indonsia –  Tiga lokasi prioritas (Lokpri) didorong untuk mendukung Program Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) di Kota Tidore Kepulauan yaitu Pulau Maitara, Pulau Mare, dan Pulau Joji.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim sat memimpin langsung Rapat Pembahasan dan Pembentukan Tim Lokasi Prioritas (Lokpri) dalam mendukung Program KSPN di Kota Tidore Kepulauan yang berlangsung di Ruang Rapat Walikota Tidore, Senin (8/1/2023).

banner 1200x500

Pada kesempatan ini Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim menyampaikan setelah dibentuk tim untuk membahas lokpri ini, tim diminta agar segera membuat satu dokumen resmi agar dapat diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menjadi lokasi prioritas, dan Walikota akan memantau langsung proses lokpri tersebut.

“Saya meminta setelah dibuat tim ini, para tim langsung segera membuat satu dokumen resmi untuk dapat saya laporkan ke Bappenas dan saya akan pantau langsung,” kata Ali.

Setelah selesai melakukan Lokpri pada pulau tersebut kata Ali, akan mengundang pejabat Pariwisata Pusat untuk melakukan pengkajian.

“Dengan golnya tiga lokpri tersebut saya akan mengundang pejabat pariwisata pusat untuk melakukan pengkajian lanjutan,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad melaporkan kepada Walikota dan para peserta rapat bahwa telah dilakukan rapat dengan DPRD dengan hasil belum ditetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN).

Olehnya, masih ada peluang untuk pengajuan RPJMN, karena akan ada perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional.

Untuk itu Kepala Dinas Pariwisata ini telah melakukan Koordinasi Via telefon dengan Direktur Regional III Bappenas Ika Retna Wulandary yang akan siap menerima Walikota Tidore Kepulauan dan Para Pimpinan DPRD untuk melakukan pembahasan dan beliau juga yang akan menentukan terkait penetapan RPJMN.

“Perlu saya sampaikan kepada pak wali bahwa pada minggu depan ibu ika selaku Direktur Regional III Bappenas akan siap bertemu dengan pak wali dan para pimpinan DPRD untuk pembahasan RPJMN,” jelas Daud.

Adapun Ketua Tim Lokpri tersebut yaitu Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan dan sekretaris Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan.

Sedangkan anggota tim yaitu para asisten sekda, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kadis Perumahan, Pemukiman, dan Pertahanan, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadis Kesehatan, Plt Kadis Perindangkop dan UKM, Kadis Penanaman Modal dan PTSP, Kadis Pendidikan, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tidore Kepulauan, yang juga merupakan peserta rapat pada rapat pembahasan Lokpri tersebut