oleh

Ada Peluang Pj Gubernur Maluku Utara Dari Luar

Jazirah Indonesia – Masa jabatan Plt Gubernur Maluku Utara (Malut), M. Al Yasin Ali akan berakhir pada 10 Mei 2024, dan pengisian pejabat gubernur (pj Gubernur) yang sesuai jadwal, pelantikan pada 11 Mei 2024.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Malut, Ali Fataruba mengatakan, tiga nama telah diusulkan  sebagai kandidat pj Gubernur Malut oleh mantan Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK).

Ketiga nama tersebut yaitu, Sekda Samsudin A. Kadir, Rektor Unkhair Ternyata Dr. Ridha Azam dan Sekjen Bawaslu La Bayoni.

Menurut Ali, kemungkinan peluang bakal calon pejabat gubernur di luar dari usulan gubernur saat itu sangat kecil.

“Untuk eksternal di luar dari yang diusulkan gubernur ada peluang tapi kemungkinan sangat kecil,” katanya, Selasa (23/4/2024).

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, kandidat kuat yang akan menjadi Pj Gubernur Maluku Utara adalah dari eksternal Pemprov.

“Informasi yang diperoleh itu yang akan menjadi Pj Gubernur Malut Jenderal bintang dua, bukan yang diusulkan oleh Gubernur,” kata salah satu sumber di Pemprov Malut.

Meski demikian, sumber tersebut tidak menjelaskan secara gamblang siapa jenderal bintang dua yang dimaksudkan itu.

“Yang jelas yang diusulkan itu tidak akan menjadi Pj gubernur, yang akan jadi Pj gubernur itu salah satu jenderal dari TNI,” katanya.