oleh

Pengembangan Ekonomi Kreatif Bebasis Kearifan Lokal Jadi Prioritas Pemkot Tidore di 2025

Jazirah Indonesia, Tidore – Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan pada tahun 2025, salah satu yang juga bakal duiprioritaskan yakni pengembangan pusat ekonomi kreatif melalui sektor pariwisata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Tidore Keplauan , Saiful Latif mengatakan, pengembangan ekonomi kreatif ditekankan melalui UMKM dan Koperasi akan menjadi program prioritas kedepan.

“Kedepannya kami bakal memaksimalkan beberapa objek – objek wisata di Kota Tidore Kepulauan, salah satunya objek wisata di Pulau Maitara,” ucap Saiful, Senin, (8/7/ 2024)

Kota Tidore kata Saiful, terbatas perihal sumber daya alam, berbeda dengan daerah – daerah lain. Sehingga solusinya untuk pertumbuhan ekonomi harus menggerakan potensi wisata yang ada.

“Jadi objek wisata yang ada di Kota Tidore Kepulauan, bakal kami benahi baik dari sisi infrastruktur, hingga fasilitasnya supaya pengelolaan bisa berjalan dengan baik,” kata Saiful.

Ia juga menjelaskan, Kota Tidore Kepulauan memiliki kearifan lokal yang masih terjaga hingga saat ini, hal itu menjadi salah satu aspek penting untuk perlu dikelola dan dikembangkan dengan baik lewat sektor pariwisata.

Selain itu lanjut Saiful, kearifan lokal yang masih terjaga itu bakal didesain sebaik mungkin sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk kemajuan pariwisata.

“Kenapa pariwisata dijadikan sebagai program unggulan nanti, karena dari situlah kita bisa berdayakan ekonomi masyarakat dan biasa meningkatkan pendapatan Daerah,” pungkasnya.

banner 1200x500