oleh

Wali Kota Tidore Terima Kunjungan OJK, Ini yang Dibahas

Jazirah Indonesia, Tidore – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan selalu mendukung program yang akan dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara dalam upaya mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Tidore.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tidore Kepulauan Capten H. Ali Ibrahim, saat menerima Audiensi dari Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Sulawsi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Robert Sianipar bersama rombongan, di ruang kerja Wali Kota, Rabu (10/7/2024).

“Mudah-mudahan rencana pembangunan kantor perwakilan OJK di Maluku Utara itu segera ditindaklanjuti, sehingga dapat membantu provinsi Maluku Utara khususnya Kota Tidore untuk mendorong kelompok usaha kecil mempunyai akses yang seluas-luasnya, karena Kota Tidore memiliki kelompok usaha unggulan di berbagai bidang diantaranya Bidang pertanian, perikanan, pariwisata dan lain sebagainya agar dapat mengembangkan usaha mereka,” kata Ali.

Walikota dua periode ini juga mengharapkan dengan kehadiran lembaga OJK ini dapat memberi akses yang luas bagi usaha kecil yang ada di Kota Tidore untuk produk-produk kredit usaha rakyat atau KUR serta keringanan jaminan usaha dalam mendukung perekonomian daerah di Kota Tidore.

Senada juga disampaikan, Kepla OJK Wilayah Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara Robert Sianipar mengatakan, ini merupakan kunjungan perdana sebagai kepala perwakilan OJK wilayah Manado yang membawahi tiga provinsi yakni Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara

“Ini sudah hari ketiga kami berada di Maluku Utara, dua hari kemarin kegiatannya di Kota Ternate, hari ini ke Tidore dan besok Insya Allah akan mengunjungi Kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara, karena harapan kami pada tahun 2025 nanti OJK akan memiliki kantor perwakilan sendiri di Maluku Utara, beberapa hari kemarin juga kami telah melakukan rapat pleno untuk koordinasi terkait Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD),” kata Robert Sianipar.

Robert juga menambahkan bahwa TPAKD Kota Tidore juga sudah menyusun program yang menarik dan unik di Kota Tidore Kepulauan salah satunya adalah satu pelajar satu rekening sehingga dalam waktu dekat akan melakukan launching program tersebut dengan harapan ini mampu membantu Maluku Utara dalam meningkatkan inklusi keuangan di wilayah Maluku Utara, khususnya Kota Tidore, karena dengan adanya satu pelajar satu rekening akan membuat para pelajar terbiasa untuk menabung.

“Untuk TPAKD ini forumnya nanti apa yang menjadi potensi daerah, OJK dalam hal tersebut bisa menjembatani lembaga keuangan seperti BRI maupun lainnya untuk memberikan akses keuangan kepada usaha kecil baik itu di bidang pertanian, perikanan maupun lainnya, sehingga membantu usaha kecil untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.” Jelas Robert

Turut mendampingi Wali Kota dalam Audiensi tersebut,  Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Drs, H. Yakub Husain, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang juga selaku Ketua TPAKD Kota Tidore Kepulauan H. Taher Husain, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Tidore Ir. Saiful Bahri, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Tidore Kepulauan Nurlaila Yasin dan Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tidore Samsul Bahri Ache.

banner 1200x500