oleh

Tim Kemenag Kembali Tinjau Progress Persiapan STQ di Sofifi

Jazirah Indonesia – Tim Kementerian Agama (kemenag) RI kembali mengunjungi Sofifi, Rabu (21/4/2021) untuk memastikan progres persiapan lokasi pelaksanaan STQ tingkat nasional Oktober 2021 oleh panitia daerah di Sofifi.

Tim dari Kemanag dipimpin Kepala Seksi Pengembangan Musabaqah, Alquran dan Alhadits Subdirektorat Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadits, Helmi Saltian dan didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Lembaga Tilawah Alquran, Ali Sibromalisi, Ngabdul Rakhim dan aminatun zuhriyah.

Peninjauan dimulai dari dermaga laut untuk tamu yang akan menuju Sofifi, masjid raya dan Astaka atau panggung utama lomba, lokasi pelaksanaan mata lomba di gedung DPRD dan gedung PUPR serta perumahan ASN.

Menurut Helmi, waktu terus berjalan sehingga panitia daerah harus lebih pro aktif lagi mempersipakan semua fasilitas peserta.

Usai melakukan peninjauan di sejumlah titik, Helmi menggelar rapat bersama sekretaris daerah dan panitia STQ daerah di lantai 4 kantor gubernur, Sofifi.

Dalam pertemuan tersebut, Helmi memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi karena pada kunjungan pertama tim pusat, terlihat sejumlah lokasi masih kosong bahkan ditumbuhi pohon namun kini telah berdiri bangunan dan fasilitas lainnya termasuk perumahan ASN (lokasi III).

“Jika pemprov telah menyediakan tempat tinggal peserta sebanyak jumlah peserta maka yang perlu disiapkan selanjutnya adalah bagaimana panitia menyiapkan tahapan pelaksanaan STQ tersebut sehingga berjalan dengan sukses,” kata Helmi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir meminta kepada instansi terkait agar lebih bergerak cepat lagi sehingga waktu yang ditargetkan dapat tercapai sebelum pelaksanaan STQ yang ditetapkan 18 Oktober 2021 mendatang.

Ia juga meminta agar panggung utama dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Sejalan dengan Sekprov, ketua panitia STQ Daerah Salmin Janidi saat mendampingi tim pusat menjelaskan sejumlah persiapan selama beberapa bulan terakhir telah berjalan maksimal.

Menurut Salmin, untuk bangunan masjid raya saat ini telah mencapai 61 persen sedangkan untuk panggung utama (Astaka) sudah 40 persen. Sementara perumahan ASN (lokasi III) yang disiapkan juga telah selesai dibangun tinggal menunggu finshing usai lebaran Idul fitri.

“Saya optimis pelaksaana STQ nasional akan berjalan sesuai rencana sehingga saya berharap semua panitia daerah melihat keseriusan tim pusat dalam mengawal persiapan lokasi STQ dengan duduk bersama dan melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara” pinta Salmin.

Reporter : A.Achmad Yono
Editor : A.Achmad Yono

Komentar