oleh

Aceh, Sulsel dan Sumut Sumbang Peserta Terbanyak di STQ N Sofifi

Jazirah Indonesia – Hari pertama Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke XXVI yang dipusatkan di Sofifi, Maluku Utara, pada Minggu (17/10/2021) telah menampilkan beberapa mata lomba.

Untuk venue yang bertempat di aula Dikjar Malut khusus bagi hafalan Al-Quran golongan 1-10 juz diikuti peserta putra – putri dari 14 provinsi.

banner 1200x500

Diantaranya, Sulawesi Tenggara, Papua, Lampung, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Riau, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat.

Di venue lainnya di aula kantor PUPR dan provinsi Maluku Utara menampilkan mata lomba 100 hadits dengan sanadnya diikuti 15 peserta dari 14 provinsi termasuk tuan rumah Maluku Utara.

Ke 15 peserta dari 14 provinsi lainnya yaitu, provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumetera Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Bali, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Jambi, Kalimantan Utara, Papua Barat dan Maluku ditambah provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang mengikutkan 2 pesertanya dimata lomba ini.

Gelaran lain juga terlihat pada mata lomba Tilawatil Quran tingkat anak-anak (Putra-Putri) yang bertempat di Masjid Raya yang diikuti oleh 16 peserta dari 14 Provinsi.

Masing – masing, Provinsi Kalimantan Barat, Jambi, Papua, Banten, DIY yokyakarta, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur,Jambi, Bengkulu, Kalimantan Tengah dan Kepulauan Riau.

Sementara dua provinsi lainnya yakni provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara masing – masing mengutus dua perwakilannya dimata lomba ini.

“Sedangkan untuk peserta Tilawatil Quran tingkat dewasa diimulai malam tadi pukul 08:30 WIT,” tulis Karo Adpim, Rakhwan K Suamba.

Diketahui, untuk mata lomba lainnya seperti cabang lomba Hifzil Qura’an menampilkan 16 peserta dari 14 provinsi yaitu provinsi Jawa Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Barat, Nangroe Aceh Darussalam, Kalimantan Timur, Jawa Barat, DIY Yokyakarta, Sumatera Utara, Papua dan Papua Barat, ditambah tuan rumah Maluku Utara serta Bengkulu dan Kalimantan Barat.

Sama halnya dengan mata lomba lainnya, provinsi Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan mengikutsertakan masing – masing dua perwakilannya di katagori ini.

“Mata lomba Tafsir Al-Quran/Bahasa Arab dan Hifzil Quran 30 Juz yang diikuti oleh peserta dari sejumlah Provinsi dimulai sejak pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIT dengan jumlah peserta yang terdiri dari lima putra dan putri. Sedangkan pada pukul 13.30 sampai 17.30 WIT dengan jumlah peserta secara keseluruhan adalah 12 peserta yakni terbagi dari 7 putri dan 5 putra,” kata Rakhwan.

Penulis : A. Achmad Yono
Editor : A. Achmad Yono

Komentar