oleh

Pria Ini Bikin Powerbank Bisa Nyalakan Mesin Cuci

Jazirah Indonesia – Power Bank ada sejak tahun 2001 dan dipamerkan di Las Vegas International Consumer Electrinics Show. pada waktu itu namanya bukan power bank, namun namanya adalah Power Mobile Bank.

Kemudian, berkembang power bank yang dikenal seperti pada saat ini, namun  power bank pada saat itu masih belum populer seperti saat ini.

Di Indonesia sendiri, power bank sudah ada sejak tahun 2006. Tapi pada saat itu power bank tidak begitu banyak digunakan seperti saat sekarang, atau istilah tidak populer.

Sampai pada tahun 2009 munculah smartphone yang menyebabkan penggunaan power bank menjadi meningkat.

Hal itu dikarenakan smartphone berbeda dengan ponsel pada umumnya. Ponsel tidak boros daya sedangkan smartphone lebih boros daya sehingga membutuhkan bantuan power bank sebagai alat bantu agar tidak mati di perjalanan.

Saat ini powerbank sudah menjadi aksesori wajib bagi pengguna smartphone meskipun saat ini sudah banyak digunakan untuk mengisi begitu banyak gadget bahkan laptop.

Namun sejauh ini kapasitas power bank yang dipasarkan tidak pernah begitu besar karena ada larangan untuk membawa kapasitas di atas 20.000 mAh ke kabin pesawat. Di Tiongkok justru ada orang yang menciptakan power bank kapasitas 27.000.000 mAh.

Dikutip dari Android Authority, YouTuber bernama Handy geng berhasil menciptakan power bank terbesar di dunia itu dan bisa berfungsi normal.

Di dalamnya tentu saja tidak menggunakan teknologi baterai yang biasa dijumpai pada power bank normal.

Di video yang dimuat Geng, dia memperlihatkan bahwa di dalam power bank raksasa tersebut berisi sejumlah komponen berupa baterai dari kendaraan elektrik sehingga bisa dirakit menjadi sebuah power bank besar.

Ukuran power bank buatan Handy Geng memiliki lebar seperti sebuah meja makan keluarga. Dia sendiri harus menarik power bank ini dengan tali saat ingin di gunakan di ruangan berbeda bahkan di luar rumah.

Hal yang menarik adalah geng tetap merakit menjadi mirip seperti power bank yang biasa kita gunakan. Perbedaannya, di bagian luar tidak tersedia port USB melainkan lubang colokan listrik, total ada 60 lubang colokan.

Dia mengklaim bahwa power bank raksasa buatannya bisa mengisi daya 5.000 unit smartphone dengan kapasitas 3.000 mAh sebelum habis.

Satuan kapasitas mAh dipilih Handy Geng untuk memudahkan melakukan komparasi dengan power bank normal.

Di dalam video yang dibuat dia memperliahtkan bahwa power bank buatannya bisa digunakan untuk mengisi baterai laptop dan smartphone hingga menyalakan televisi sekaligus mesin cuci.

banner 1200x500

Komentar