oleh

Mewujudkan Satu Data, BPS Haltim Gelar FGD

Jazirah Indonesia – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara, menggelar Fokus Group Discussion (FGD) bersama beberapa instansi dalam rangka mencocokkan data untuk dipublikasi melalui buku Halmahera Timur Dalam Angka 2022.

Kepala BPS Haltim, Hamka B mengatakan,  kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan data-data pada beberapa Dinas terkait, apakah semua data yang dimasukkan sudah cocok dan jelas dengan data yang ada di BPS Haltim atau tidak.

banner 1200x500

“Jika semua data itu sudah sama dan jelas, baru dipublis dan dimasukkan dalam buku Halmahera Timur Dalam Angka 2022,” katanya, Selasa (15/2/2022).

Menurut Hamka, untuk semua data itu sentralnya ada di BAPPEDA, lalu dibina oleh Badan Pusat Statistik, dan Dinas  Kominfo sebagai wali data, sementara Instansi terkait adalah sebagai produsen.

“Forum ini dilakukan berdasarkan pada Peraturan Presiden RI nomor 39 Tahun 2019, tentang satu data Indonesia, karena ditingkat Provinsi itu semua sudah jalan,” cetusnya.

Olehnya itu lanjut Hamka, pihaknya berusaha untuk di Halmahera Timur ini juga harus berjalan dan sudah ditargetkan 2022, forum satu data harus terbentuk.

“Karena dapat mempermudah siapa saja yang ingin memperoleh data, melalui portal atau website,” tutupnya.

Komentar