oleh

Ini Hasil Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

Jazirah Indonesia – Komisi II DPR RI telah menetapkan 7 anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027, Kamis, (17/2/2022), dini hari.

Penetapan anggota KPU dan anggota Bawaslu tersebut dilakukan melalui voting atau pemungutan suara.

banner 1200x500

Komisioner KPU yang terpilih diantaranya Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sementara untuk Komisioner Bawaslu terpilih yaitu Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Para kandidat dipilih berdasarkan musyawarah dan mufakat dalam rapat tertutup yang berlangsung 1,5 jam.

“Berdasarkan pertimbangan itu semua, pada akhirnya setelah kita melakukan simulasi berbagai hal, berbagai cara, kita putuskan, tetapkan urutan,” kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis, 17 Februari 2022.

Nama-nama anggota KPU dan Bawaslu terpilih akan dibawa ke Sidang Paripurna untuk ditetapkan. Selanjutnya daftar nama anggota dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik.

Sebelum menetapkan anggota terpilih, Komisi II DPR menggelar serangkain uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Sebanyak 14 calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu mengikuti sesi wawancara pada 14-16 Februari 2022.

Berikut daftar urutan hasil seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu. Tujuh kandidat teratas di KPU dan lima kandidat teratas di Bawaslu merupakan kandidat terpilih.

KPU
1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochammad Afifudin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz
8. Viryan Aziz
9. Iffa Rosita
10. Dahliah
11. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
12. Iwan Rompi Banne
13. Yessy Yatty Momongan
14. Muchamad Ali Syafa’at

Bawaslu
1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Hariyono
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
6. Subair
7. Fritz Edward Siregar
8. Aditya Perdana
9. Mardiana Rusli
10. Andi Tenri Sompa.

Komentar