oleh

Manfaatkan Pekan Syawal, Masyarakat Tongowai Gelar Kegiatan Bernuansa Islami

Jazirah Indonesia – Kehadiran Pekan Syawal 1443 Hijriyah/ 2022 Masehi, dimanfaatkan oleh sejumlah elemen masyarakat Kelurahan Tongowai Kecamatan Tidore Selatan Kota Tidore Kepulauan dengan menggelar kegiatan positif dan bernuansa religius.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Nuruttarbiyah Kelurahan Tongowai Kecamatan Tidore Selatan, Sabtu (7/5/2022).

Kegiatan yang mengambil tema “Penguatan Generasi Islam dengan Mencintai Al-Qur’an”. ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo.

Turut hadir Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore, Camat Tidore Selatan bersama Forkopimcam, Kepala Kelurahan Tongowai, Tokoh Agama,  Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat se Kelurahan Tongowai.

Ismail Dukomalamo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah /2022  ini, sangat bermanfaat karena di bulan syawal ini merupakan bulan kemenangan dimana kita wajib untuk menjaga silahturahim antar sesame.

Selainitu sambungnya, menjadi moment yang tepat untuk membuktikan ketakwaan kita setelah melewati amalan-amalan ibadah di Bulan Ramadhan.

“Semoga kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah menjadi media dalam memperkuat ukwuwah Masyarakat Tongowai dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk bersama-sama mendukung Visi terwujudnya Masyarakat Sejahtera menuju Tidore Jang Foloi”, kata Ismail.

Kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah juga tak hanya bersifat seremonuial ataupun media silahturahim saja namun harus mampu menjadi media untuk menunjukkan dan talenta generasi muda Tongowai, ungkap Ismail.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana kegiatan, Siti Hawa Hasan, S.Kom  menjelaskan kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah dapat meningkatkan rasa cinta generasi muda dan masyarakat Kelurahan Tongowai terhadap Al-Qur’an.

Hal itu kata Siti Hawa melalui pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an di setiap sendi kehidupan masyarakat yang bertujuan meningkatkan minat dan bakat generasi muda dalam mencintai Al-Qur’an.

Selain itu, kegiatan ini sambungnya, memotivasi masyarakat berlomba-lomba dalam menyiarkan syiar Islam melalui kegiatan pekan syawal, serta menumbuhkan dan mewujudkan kepedulian terhadap sesama warga masyarakat.

Kegiatan ini rencananya mulai dari tanggal 7 sampai dengan 14 Mei 2022 mendatang yang terdiri dari 8 jenis mata lomba diantaranya Tilawatil Qur’an, Syahril Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzil Qur’an, Tadarus Al-Qur’an.

Kemudian, Shalawat Nabi, Qasidah serta Adzan bagi Anak-anak dan Remaja, dengan jumlah peserta 150 yang berasal dari 6 RT di Kelurahan Tongowai dan keluarga besar Tongowai yang berada di Goto dan sekitarnya.

banner 1200x500

Komentar