oleh

Mega Proyek Kemenhub Bakal Sasar Sofifi

Jazirah Indonesia – Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Ghani Kasuba pada Rabu (25/5/2022) menemui Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta.

Kunjungan kerja orang nomor satu di Pemprov Malut ini untuk membahas kerjasama dengan Kemenhub terkait skema pembiayaan proyek Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) terkait proyek infrastruktur perhubungan di daerah ini.

“Dengan skema ini pihak swasta atau investor, yang akan membangun proyek milik pemerintah, selanjutnya pemerintah akan membayar dengan sistem mencicil,”kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Malut, Armin Zakariah, Kamis (26/5/2022).

Armin menyampaikan, skema tersebut jauh lebih baik mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) belum sanggup untuk membiayai semua kegiatan yang direncanakan pemerintah daerah.

“Kalau kita berharap APBD dan APBN murni akan butuh waktu lama. Proyek yang dibangun dengan skema ini akan lebih berkualitas dan selesai dalam waktu yang tidak lama

Armin membocorkan, setidaknya terdapat sejumlah infrastruktur perhubungan di Sofifi yang akan ditawarkan ke pihak investor, seperti pelabuhan, terminal, hingga Bandara.

Selain kegiatan fisik, skema KPBU juga membiayai pembuatan Master Plan, desain, dan studi kelayakan sampai fungsional yang disiapkan oleh investor.

“Penawaran tersebut nanti dinilai dan ditentukan oleh investor proyek mana saja sanggup dibangun oleh mereka. Untuk rincian item apa saja yang ditawarkan ke investor nanti disampaikan kemudian,”pungkas Armin.

banner 1200x500

Komentar