oleh

Sultan Hamengkubuwono X Dapat Penghargaan Gold and Silver Star dari Jepang

Jazirah Indonesia – Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari pemerintah Jepang.

Penghargaian ini diberikan karena dinilai berjasa dalam meningkatkan pertukaran budaya, kerja sama antar daerah Jepang-Indonesia, serta dalam menjaga relasi dengan Kaisar Jepang.

Pemberian tanda jasa itu digelar di kediaman Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji di Jakarta dan dihadiri pihak keluarga Keraton Yogyakarta, Selasa (28/6/ 2022) malam.

Sri Sultan Hamengkubuwono X disebut telah menyambut baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991 maupun kunjungan Pangeran Akishino dan Putri Kiko pada tahun 2008.

Kunjungan itu dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia / Tahun Persahabatan.

Sri Sultan saat itu memperkenalkanbudaya tradisi Jawa atau juga dengan mengadakan acara jamuan makan malam, sehingga mendorongpertukaran antara Jepang dan Indonesia.

Selain itu, Sri Sultan Hamengkubuwono X dinilai dalam mendorong terwujudnya pertukaran antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi dan daerah lainnya di Jepang.

Duta Besar Kanasugi menyampaikan rasa terima kasih juga atas kontribusi beliau dalam mempromosikan kerja sama antara kedua negara di bidang olahraga, pencegahan bencana atau tanggap bencana.

Sri Sultan juga menyampaikan terima kasih atas penganugerahan ini dan menyampaikan harapan beliau agar kerja sama dan persahabatan dapat ditingkatkan lagi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kaisar Jepang yang telah menganugerahkan bintang tanda jasa ini kepada kami. Penghargaan ini sungguh merupakan kehormatan tidak hanya bagi diri kami pribadi, tapi juga masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” kata Sri Sultan Hamengkubuwono X.

banner 1200x500

Komentar