oleh

Sultan Jailolo Kukuhkan Gubernur AGK Sebagai Jiko Makukuta

Jazirah Indonesia – Sultan Jailolo, Ahmad Syah mengukuhkan Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba (AGK) sebagai Jiko Makukuta di Kedaton Kesultan Jailolo.

Selain melantik Gubernur AGK, Sultan  Jailolo juga melantik Pelaksana tugas (Plt) Dinas PUPR Maluku Utara, Saifudin Juba sebagai Kimalaha Tagalaya

banner 1200x500

Pengukuhan ini dilaksanakan di saat kehadiran Gubernur AGK di Jailolo dengan agenda Pelantikan dan Pengukuhan Badan Pengurus Cabang Sibualamo Kabupaten Halmahera Barat di Kedaton Kesultanan Jailolo, Sabtu (03/9/2022).

Disambut meriah sebelum melantik dan mengukuhkan pengurus BPC Sibualamo, Gubernur AGK dan Saifudin Juba terlebih dahulu dikukuhkan.

Gubernur AGK dalam penyampaiannya, mengapresiasi Sultan Jailolo yang telah mengukuhkan dirinya sebagai Jiko Makukuta atau Penyangka Negeri.

Dia mengungkapkan, sejak menjabat sebagai Gubernur, ia telah menerima kehormatan dari Empat Kesultanan di Maluku Utara yang diberikan langsung melalui para sultan sebagai bentuk menjaga keutuhan bangsa.

Gubernur mengatakan setiap kali melantik kepala daerah Kabupaten maupun Kota, ia selalu mengingatkan kepada kepala daerah untuk tidak melupakan asal muasal persatuan adalah dari kesultanan.

“Ketika saya pelantik para pejabat, pertama sekali saya melihat jangan lupa asal kita tentang kesultanan yang telah membesarkan kita semua di maluku Utara ini”,Kata Gubernur.

Tambahnya, hal yang tak bisa dilupakan bahwa kesultanan telah melihat kita untuk bersatu dengan tidak melihat Suku dan Agama.

Komentar