oleh

BMKG Peringatkan Dampak Bibit Siklon Tropis 93W di Malut

Jazirah Indonesia – Beberapa wilayah di Maluku Utara diprediksi akan terjadi peningkatan curah hujan yang siknifikan akibat dampak dari siklon di belahan Utara Papua .

Hal ini membuat cuaca di wilayah Maluku Utara masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam tiga hari ke depan.

banner 1200x500

Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Sultan Babullah Ternate, Setiawan Sri Raharjo menjelaskan kondisi tersebut sebagai dampak dari tumbuh bibit siklon 93-W di wilayah Pasifik diatas Papua.

”Beberapa daerah di Wilayah Maluku Utara akan terjadi peningkatan curah hujan yang siknifikan akibat dampak dari siklon 93-W,” kata Setiawan, Senin (31/10/2022).

Kondisi seperti ini dijelaskannya, terjadi peningkatan curah hujan diikuti dengan guntur serta angin kencang pada beberapa wilayah. selain itu dapat juga berdampak pada  kenaikan tinggi gelombang laut.

Atas kondisi tersebut, masyarakat diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terutama bagi pelaku trasportasi laut karena jika cuaca buruk dapat mengurangi jarak pandang.

Warning ini selain bagi para nelayan, juga masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai karena luapan air.

Komentar