oleh

Turnamen Kaki Langit Cup II Berakhir, Tim Linning Sabet Emas

Jazirah Indonesia – Badminton turnamen Kaki Langit Cup II 2023 yang berlangsung di Blok M Sport Hall, Tuguwaji, Tidore Kepulauan sukses digelar, Minggu (12/3/2023) malam.

Pertandingan beregu yang terdiri dari tiga kategori itu dimenangkan oleh tim Linning.

Linning memastikan diri sebagai juara pertama usai mempecundangi tim Adidas dengan skor telak 2-0. Adidas yang dihuni pemain-pemain muda berpengalaman dibuat tak berdaya oleh Linning yang dimotori H. Rustam Marsaoly. 

Adidas sebenarnya membuka asa kemenangan di partai pertama dari kategori C, kala Mohtar Djumati/Ul Mansur yang diturunkan Tim Adidas sukses membantai Murad Polisiri/ Aji Sabarudin yang diutus Tim Linning dengan skor telak 21-9. Tak mau mengalah begitu saja, Murad Polisiri/ Aji Sabarudin mampu bangkit di gim kedua dan mengalahkan Adidas dengan skor 19-21. Dan Linning memastikan unggul 1-0 saat Murad Polisiri/ Aji Sabarudin berhasil memenangkan pertarungan dramatis di Gim ketiga dengan skor 20-22. 

Tertinggal 0-1 Adidas memutar otak harus menang di Kategori B. Pasangan Arifuddin/Husain K dari tim Adidas yang tampil dengan beban harus mengakui kekuatan pasangan Halim/Riski yang diturunkan Linning. 

Meski berhasil bangkit di Gim kedua dengan skor 22-20 setelah kalah di Gim pertama 19-21,  pasangan Arifuddin/Husain K dibuat tak berdaya di Gim ketiga oleh Halim/Riski yang sukses mengunci kemenangan dengan skor 19-21. 

Dengan kemenangan di kategori B maka Linning mengunci kemengan atas Adidas dengan skor 2-0 sehingga pasangan Kategori A tidak berlaga. Padahal jika skornya sama kuat, partai penentuan di Kategori A menjadi sangat seru karena Linning sudah menyiapkan pasangan Tangguh H. Rustam/Fatah M berhadapan dengan Adidas yang sudah siap menurunkan pasangan unggulannya, Guntur M/Alamsyah. 

Dengan hasil tersebut maka Linning berhasil membawa pulang trofi bergilir PBSI Tikep dan medali Emas serta bonus. Sementara Adidas mendapat medali perak dan bonus. 

Adapun Tim Hundred sukses meraih medali perunggu setelah di perebutan tempat ketiga berhasil mengalahkan tim unggulan Blok M dengan skor 2-0. Finish ke-4, Blok M hanya menerima bonus dari penyelenggara pertandingan.

Ketua Panitia Penyelanggara, Mirwan Hamisi menjelaskan, Kaki Langit Cup II diikuti oleh 72 peserta yang terbagi dalam 36 pasangan, kemudian terdistribusi dalam 12 tim dan 4 Grup yang berisikan masing-masing 3 kategori.

“Setiap tim diisi oleh 3 kategori yakni A, B dan C. Sehingga format pertandingannya pasangan kategori A melawan kategori A, demikian juga B dan Kategori C. Kita mulai dengan penyisihan grup kemudian dari setiap grup yang berisikan 3 tim hanya lolos juara grup dan runer-up dan satu tim terbawah otomatis tersingkir,” tuturnya. 

Di babak 8 besar kata Mirwan, diterapkan system konock out. Empat tim yang lolos akan melakoni laga Semi Final kemudian 2 tim yang menang berlaga di partai pamungkas. 

“Memang di Kaki Langit Cup II ini kami sengaja membuat format pertandingan beregu. Ternyata mendapat respon yang baik dari para pemain dan pencinta bulu tangkis di Kota Tidore Kepulauan,” katanya.

Sementara Ketua PB. Kaki Langit Murad Polisiri mengatakan akan terus menggelorakan Kaki Langit Cup.

”Kedepannya tidak hanya Halteng yang kita undang, Ternate, Haltim dan kabupaten-kabupaten lainnya juga kita akan undang,” ungkapnya.

Sebagai inisiator turnamen, Murad mengatakan turnamen Kaki Langit berikutnya akan membuka kategori khusus usia dini. 

Tujuannya kata dia, adalah mencari bibit-bibit yang akan mendapat pembinaan untuk melahirkan atlet Bulu Tangkis dari Tidore yang bisa berlaga di event-event nasional. 

“Ini bukan sekedar penyaluran hobi, tapi kita juga harusnya mencetak pemain-pemain bagus disini,” kata Ketua Komisi II DPRD Tidore Kepulauan tersebut di acara penutupan.

Mochtar Djumati, Ketua PBSI Kota Tikep yang menutup Kaki Langit Cup II berjanji memberi dukungan ke semua perkumpulan bulu tangkis serta para pemilik Gedung olahraga bulu tangkis. 

Bahkan PBSI kata dia dalam waktu dekat juga akan menggelar pertandingan PBSI Cup II.

“Kami berterimakasih kepada PB Kaki Langit yang sukses menggelar turnamen keduanya. Insya Allah, kami PBSI tidak tinggal diam, kami akan berupaya mensuport seluruh perkumpulan atau komunitas bulu tangkis yang berada di Kota Tidore Kepulauan ini,” ujar Plt. Ketua DPRD Tikep itu. 

Komentar